7 Tempat Paling Instagrammable di Sumatra Barat yang Traveler Perlu Tahu

 “The world is a book, and those who do not travel read only one page.” – Saint Augustine 

Sumatra Barat selalu saja mempesona untuk dikunjungi. Tidak pernah ada kata bosan untuk datang ke provinsi yang dijuluki sebagai Tanah Andalas ini. 



Dari pegunungan hingga pantai dan pulau yang serasa milik pribadi, dari budaya hingga kuliner yang menggugah selera di Ranah Minang ini memang membuat wisatawan berdecak kagum atas keelokkannya. Ada banyak obyek wisata di daerah yang dijuluki asal “Urang Awak” ini belakangan menanjak popularitasnya dan masuk sebagai spot yang paling instagrammable. Berikut tujuh tempat yang paling sering diupload oleh para wisatawan ketika mengunjungi Sumatra Barat. 

1. Rumah Pohon – Ngarai Sianok Bukit Tinggi Beralamat di Jl. Ngarai, Rumah Pohon ini populer sejak Mei 2016 lalu. Tempat ini akan dijadikan restoran keluarga yang akan dibuka bulan depan. Walaupun belum selesai 100%, Rumah Pohon ini sudah banyak memikat para wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi. Di social media, lokasi ini sangat instagrammable. 

Apa sih yang disuguhkan oleh Rumah Pohon? Tentu saja, view Ngarai Sianok, udara sejuk, dan sawah-sawah yang ada di sekitar dari ketinggian.


Rumah Pohon di Bukittinggi


2. Kiniko Coffee House Mengendarai kendaraan selama 3,5 jam dari kota Padang atau 90 menit dari Bukittinggi, sampailah kita ke sebuah warung kopi bernama Kiniko Coffee House. Berlokasi di Tabek Patah – Batusangkar, Kiniko menawarkan Kawa Daun sebagai minuman andalan. 

Apa itu kawa daun? Daun kopi yang dipanggang hingga berwarna coklat, kemudian direbus/digodok. Disajikan hangat dengan gula pasir, susu kental manis, atau kayu manis. Kawa daun berfungsi sebagai penghangat tubuh, menurunkan kolesterol hingga sebagai penambah stamina. Selain itu pemandangan di sekitar Kiniko sangat asri dan udara yang sejuk sehingga tempat ini ramai dikunjungi wisatawan pada waktu akhir pekan atau hari libur.
Kiniko Coffee House nan damai


3. Kebun Teh Alahan Panjang Ternyata Sumatra Barat juga punya kebun teh yang pemandangannya tak kalah cantik dengan kebun teh di Puncak atau kebun teh di Ciwidey. Dengan berkendara roda empat selama dua jam, sampailah kita di daerah Alahan Panjang yang merupakan wilayah Kabupaten Solok. Alahan Panjang yang secara geografis terletak di atas ketinggian 1400 mdpl dengan suhu 22 -24 derajat Celcius memiliki hamparan kebun teh yang indah. Di sela-sela kebun teh terselip kayu manis yang juga merupakan tanaman holtikultura andalan Alahan Panjang
Kebun Teh Alahan Panjang


4. Danau Biru Satu tahun terakhir ini popularitas Danau Biru sebagai obyek wisata baru di Sumatra Barat semakin menanjak saja. Berlokasi di Kab. Sawahlunto, danau ini asal mulanya adalah bekas area tambang batubara yang sudah lama ditinggalkan. Terletak di daerah Parambahan, 13 KM dari pusat Kota Sawahlunto, Danau Biru bisa dikunjungi dengan kendaraan yang kondisinya prima. Karena jalan menuju lokasi adalah jalanan berbatu tajam dan tanah. Siap-siap terkesima dengan pemandangan di depan mata ketika sudah sampai. Air danau yang berwarna biru di kawasan yang merupakan tambang batubara ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.


Danau Biru di Sawahlunto


5. Pulau Swarnadipa Pulau ini juga merupakan salah satu spot instagrammable di Provinsi Sumatra Barat. Swarnadipa yang berasal dari Bahasa Sansakerta yang artinya 'emas', adalah pesona baru di selatan Kota Padang. Untuk mencapainya, kita bisa menempuh waktu selama 30 menit perjalanan dengan boat dari Pelabuhan Bungus. Swarnadipa memiliki flora dan fauna bawah laut yang indah, koral dan ikan yang berwarna warni, serta pantai dengan pasir putih. Jika ingin menginap, pulau ini juga memiliki resort yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.


Birunya Swarnadipa Island


6. Puncak Lawang Puncak tertinggi di sekitar Danau Maninjau ini menawarkan pemandangan yang sungguh luar biasa. Melihat matahari terbenam sore hari sembari duduk santai, atau terbang di sekitar area Danau Maninjau dengan paralayang yang menantang adalah pilihan yang menyenangkan bagi para pengunjung. Tidak berani terbang sendiri? Tenang saja, ada paket tandem yang ditawarkan, dan nanti kamu akan didampingi oleh instruktur yang telah berpengalaman. 


Sunset di Puncak Lawang



Tidak salah jika lokasi yang berada di Kecamatan Matur ini menjasi spot terbaik paralayang se–Asia Tenggara. Puncak Lawang secara geografis berada di Kabupaten Agam, berjarak 25 Km dari Kota Bukittinggi dan bisa ditempuh dalam 60 menit berkendara dengan roda empat.

7. Kepulauan Mandeh Ini dia lokasi yang paling banyak di upload di instagram oleh para wisatawan. Kepulauan Mandeh yang disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatra ini memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Sebut saja Pulau Setan, Sironjong Gadang, Sironjong Ketek yang terkenal dengan cliff jump, dan Pulau Cubadak, adalah lokasi-lokasi terbaik di kawasan Pulau Mandeh. Berkendara sejauh 56 Km ke selatan Padang, sampailah di Dermaga Tarusan dan kemudian naik boat menyusuri area Pulau Mandeh yang luasnya 18.000 Ha ini. 
Pulau Sultan di Kawsan Mandeh


Nah, itu dia tujuh tempat yang paling populer di Sumatra Barat, yang foto-fotonya selalu lalu lalang di social media kita. Bagi para traveler, siapkan itinerary dan selamat menikmati 'alam takambang' Ranah Minang.

You Might Also Like

4 comments

  1. Sumatra Barat tuh emang kece banget pemandangannya. Cuma kalo liburan mesti lama biar puas jalan-jalannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget,,kalo cuman bentar kurang puass gitu,,

      Delete
  2. Kakak udah kedestinasi tersebut ? bisalah jadi guide aku kalo mau kesana juga.. aku pernah ke ngarai sianok, tapi 2015 lalu jadi memang belum nemu rumah pohon tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..rumah pohon itu baru tahun 2016..sekarang udah banyak lagi yang baru2 kak..

      Delete