7 Tempat di Lembang ini akan memanjakan mata wisatawan ketika dikunjungi



Satu kata untuk menggambarkan kondisi Lembang ketika kamu menginjakkan kaki di sana adalah sejuk. Ya Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung yang jaraknya 15 Km ke arah utara Kota Bandung. Kunjungan wisatawan ke Lembang dari zaman dahulu hingga sekarang tidak pernah ada habisnya. Sejuknya Lembang, lezatnya makanan, dan tempat wisata yang selalu baru membuat para wisatawan tidak pernah bosan mengunjunginya.

Lembang seolah tidak pernah kehabisan ide untuk menghadirkan wahana-wahana wisata baru yang tentunya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan di kala musim libur.  7 Tempat di Lembang ini akan memanjakan indera penglihatan wisatawan ketika mengunjunginya :


1.        Farm House yang unik
Sebelum menuju Lembang, di pinggir jalan ada sebuat tempat wisata yang dibuka akhir tahun 2015 lalu bernama Farm House. Tidak butuh waktu lama bagi Farm House untuk mencuri perhatian bagi para traveler. Letaknya yang sangat strategis dan objek wisata unik berupa rumah hobbit adalah hal utama yang di tawarkan. Terletak di Jl. Raya Bandung Lembang, Farm House buka mulai pukul 09.00 Wib. Dengan harga tiket Rp.  10.000 dan bisa langsung ditukarkan dengan segelas susu segar aneka rasa, wajar saja Farm House menjadi tempat wisata yang popularitasnya menanjak dalam waktu hitungan bulan saja. Selain mengincar tempat berphoto di depan rumah hobbit. Wisatawan juga bisa menyewa baju khas nona Belanda yang sangat ciamik dipakai untuk berphoto.

Rumah Hobbit di Farm House Area


2.        The Lodge Maribaya yang rimbun
Dengan jarak tempuh 1,5 jam dari pusat kota Bandung dengan kendaraan beroda empat, sampailah kita ke Lodge Maribaya. Dengan tiket masuk seharga Rp. 25.000, traveler bisa menikmati pemandangan hutan pinus dari ketinggian. Lodge Maribaya menyediakan tenda-tenda bagi wisatawan yang ingin berkemah loh. Dengan bentuk tenda menyerupai bawang, dan dome berwarna oranye, serta dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi serta toilet yang nyaman, tentu saja banyak traveler yang ingin menikmati terbitnya matahari di ufuk timur, atau kembalinya matahari ke peraduan di ufuk barat. Lapar mendadak? Jangan khawatir, ada coffee shop yang menawarkan makanan dan minuman yang rasanya lezat dan harganya bersahabat. Datanglah lebih pagi agar masih bisa naik ke pohon yang tinggi untuk berphoto atau mengayuh sepeda di atas ketinggian. Kamu hanya perlu menambah Rp. 35.000 saja untuk pengalaman yang tak terlupakan itu.

Hijau royo-royo ala Lodge Maribaya



3.        Gunung Tangkuban Perahu yang melegenda
Ingin mengetahui kisah legenda Dayang Sumbi dan Sangkuriang? Datanglah ke Gunung Tangkuban Perahu yang melegenda itu. Berkendara sejauh 30 Km ke arah utara kota Bandung atau sekitar 2 jam perjalanan, sampailah kita di kawasan Wisata Alam Tangkuban Perahu. Area wisata dibuka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Dengan tiket masuk Rp.20.000 di hari Senin – Jumat, dan Rp. 30.000 di hari Sabtu dan Minggu, para wisatawan bisa menikmati sejuknya gunung yang masih memiliki beberapa kawah aktif ini. Pengunjung juga bisa menikmati Kawah Domas dan Kawah Ratu, dua kawah aktif dan yang mengandung belerang ini menjadi pesona Tangkuban Perahu. Jika kamu kedinginan karena lupa membawa mantel, banyak pedagang yang menyediakan aneka baju hangat dan topi yang lucu dan unik.


4.        De Ranch ala cowboy
Anda ingin belajar menunggang kuda di area yang luas dengan menggunakan kostum ala Cowboy? Nah arahkan kendaraan anda menuju De’ Ranch, terletak di Jl. Raya Maribaya De Ranch menawarkan wisata unik ala cowboy. Dengan harga tiket masuk Rp. 5000 dan kemudian di tukarkan dengan segelas susu segar, De Ranch menjadi objek wisata ramai untuk keluarga. Beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung di kawasan ini yaitu menunggang kuda, naik delman, kolam pancing dan balon air. Tersedia juga wahana yang edukatif bagi pengunjung dan anak-anak seperti latihan berkuda, latihan memerah susu dan praktek membuat makanan sehat. Ketika kunjungan sudah memasuki jam makan siang, traveler bisa mencoba aneka menu jajanan dan makanan yang rasanya enak dan tidak menguras kantong.


View The Ranch


5.        Imah Seniman yang hangat
Terletak di Jl. Kol. Masturi No. 8 Lembang traveler bisa menemukan Imah Seniman, salah satu obyek wisatawan yang ramai dikunjungi di Lembang. Di Imah Seniman kita bisa menginap, mengadakan kegiatan out bond, atau sekadar makan siang bersama keluarga dalam suasana yang hangat.  Ketika sampai di pintu gerbang, kamu akan melihat tulisan di gapura yang terbuat dari kayu dan bambu “  Imah Seniman Cafe, Resort, Gallery Babogohan di Hutan”. Tulisan selamat datang yang unik menurut saya karena menggunakan bahasa sunda universal dan mudah diingat. Hutan wisata dalam bentuk mini akan traveler temui di sini, ada sungai dengan air yang jernih, pemandangan hutan alami yang menyejukkan hati dan memanjakan mata, serta kolam renang air hangat di sekitar hutan untuk “me time”. Sungguh suatu objek wisata yang harus masuk “bucket list” anda segera ya. Di area cafenya bajigur dan wedang jahe hangat sudah menanti kita loh, begitu pula dengan makanan-makanan lezat lainnya.

Hot pool di Imah Seniman


6.        Observatorium Bosscha yang edukatif
Salah satu yang menjadi pesona di Lembang adalah, Observatorium Bosscha yang merupakan tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia.  Berdiri tahun 1923, Oberservatorium ini didirikan oleh NISV (Perhimpunan Bintang Hindia Belanda) kala itu untuk penelitian astronomi di bumi belahan selatan. Terletak di lahan seluas 6 Ha, Observatorium Boscha dilengkapi oleh 5 teleskop canggih yang di datangkan dari Jerman tahun 1920-an yaitu Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Teleskop Schmidt Bimasakti, Teleskop Refraktor Bamberg, Teleskop Cassegrain Goto dan Teleskop Refraktor Unitron. Area observatorim Bosscha adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi oleh anak-anak juga agar mereka mengetahui tentang bintang-bintang di langit dan belajar sejarah di masa lampau. Harga tiket yang terjangkau RP. 15.000 per orang membuat objek wisata yang telah dijadikan Objek Vital Nasional sejak tahun 2008 ini ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah, keluarga, maupun  karyawan-karyawan dari berbagai instansi.

7.        Dusun Bambu Leisure Park yang meriah
Datanglah ke Dusun Bambu di siang menjelang sore hari, ada hiburan unik yang bisa traveler nikmati di sana. Ada sekelompok pemain angklung yang siap menghibur kita dengan musik khas sunda dan suara merdu sang biduan. Apa istimewanya Dusun Bambu? Lokasi yang luas dengan aliran sungai kecil nan jernih, udara yang bersih dan sejuk, taman-taman berisi bunga yang warna warni, tidak ketinggalan aneka kuliner yang menggugah selera. Ya banyak sekali yang bisa dilakukan di Dusun Bambu. Jangan lewat kan menyantap roti bakar atau nasi liwet serta aneka lauknya di saung-saung yang bentuknya unik. Jangan lupa membawa uang cash yang nanti akan ditukar dengan coint-coint dengan nominal tertentu sebagai transaksi jual beli di kawasan wisata yang sudah ramai sejak 2014 ini.





Dusun Bambu yang asri




Nah itu dia traveler, tempat yang asyik untuk dikunjungi di Lembang yang tidak hanya memanjakan indera penglihatan kamu, tapi juga indera pengecap. Jadi siap weekend ini kita berwisata ke Lembang ya, yang mana menjadi tempat yang ingin pembaca datangin?

You Might Also Like

3 comments

  1. Jadi tour guide ku dong kak, belum pernah ke sana. Kalo udah ada yang hafal lokasi-lokasi keren di sana kan lebih enak, hemat waktu tanpa butuh research lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks ajak kak eka jg,ktnya pengen k bdg..nnti kita jalan2

      Delete