Mengunjungi Pulau Bintan di Akhir Pekan, Yuk Datang Ke Tempat-Tempat Menarik Ini !

Pulau Bintan secara geografis masuk ke wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini juga pusat pemerintahan provinsi berada. Dengan ibu kota bernama Tanjung Pinang, pulau ini termasuk dalam cross border Indonesia karena letaknya tak jauh dari Singapura.

Pulau Bintan sudah terkenal menjadi tujuan pariwisata sejak dua dekade silam melalui Bintan Resortnya. Namun stigma berwisata mahal sudah terlanjur melekat pada pulau yang bisa dicapai dari Kota Batam selama 60 menit saja dengan kapal cepat.

Beberapa tahun belakangan ini Pulau Bintan dengan perlahan namun pasti mengubah stigma tersebut. Para wisatawan nusantara yang cenderung mengabaikan Bintan, mulai berdatangan ke pulau mungil nan penuh pesona ini. Ada banyak tempat sebagai tujuan wisata yang dengan mudah dan murah dijangkau oleh para wisatawan. Nah lima tujuan wisata berikut ini bisa kamu kunjungi jika datang ke Pulau Bintan

1.                Pulau Penyengat yang  bersejarah
Menyeberang 15 menit dengan perahu dari Pelabuhan Sri Bintan Pura  sampailah  ke sebuah pulau bernama Pulau Penyengat. Apa saja yang ada di pulau ini? Ternyata ada Masjid Raya Sultan Riau dan makam raja-raja Melayu. Selain itu ada pula Benteng, Istana, dan Balai ada di pulau yang luasnya hanya 2 Km2. Setiap akhir pekan, Pulai Penyengat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing yang ingin mengetahui seluk beluk Kerajaan Melayu di masa lampau. Festival Penyengat yang diadakan setiap tahunnya, mampu mendongkrak popularitas Pulau Penyengat sebagai daerah tujuan wisata budaya.


Photo Credit To : Mas Yudsasmoro


2.                Pantai Trikora yang berpasir putih
Pantai ini menjadi favorit warga Tanjung Pinang untuk bersantai di sore hari sembari menikmati angin sepoi-sepoi, matahari tenggelam, pasir putih dan udara yang bersih Berkendara satu jam dari Kota Tanjung Pinang, ibu kota Kepulauan Riau, sampailah kita di pantai yang indah ini. Suasana ramai akan hadir di akhir pekan, warga lokal akan datang untuk menikmati matahri kembali ke peraduannya.

3.                Gunung Pasir Busung yang instagrammable
Tempat yang dulunya merupakan tambang pasir ini kini berubah bentuk menjadi tujuan wisata baru di Pulau Bintan. Banyak hal yang dilakukan di Gunung Pasir ini diantaranya bisa bermain pasir dan berphoto dengan aneka binatang buatan atau dummy. Waktu yang tepat untuk berkunjung sekitar sore hari, karena namanya Gurun Pasir, jadi jika siang matahari sangat Terik. Travaler hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk masuk ke lokasi wisata ini. Letaknya tidak jauh dr Pelabuhan Tanjung Uban.

Photo Credit to : hijabtraveller.com

4.                Treasure Bay Lagoi, sensasi berenang di kolam renang terpanjang
Dibuka pada awal 2016, tidak butuh waktu lama bagi Treasure Bay Lagoi untuk mencuri perhatian para wisatawan. Kolam renang air laut buatan terpanjang se Asia Tenggara ini menjadi salah satu wahana wisata favorit wisatawan dua tahun belakangan ini. Dengan panjang kolam 850 meter dan fasilitas sea sport lainnya, Treasure Bay Lagoi selalu ramai di akhir pekan tiba. Dengan tiket masuk seharga Rp. 100.000 untuk orang dewasa, dan Rp. 80.000 untuk anak-anak kita bisa memilih permainan mana yang kita sukai. Ada Cabel Ski, ada Segway, dan aneka permainan lain yang bisa kamu nikmati dari harga Rp. 40.000 – Rp. 1.500.000



Photo Credit to : SarahJalan.com


5.                Vihara Patung Seribu yang memukau
Dibangun tahun 2010, kehadiran Vihara Patung Seribu Wajah di Pulau Bintan ini cukup memikat para wisatawan. Berlokasi di atas bukit, vihara seribu patung ini bernama lengkap Ksitigarbha Bodhisattva didirikan sebagai tempat ibadah Umat Budha di kawasan Bintan. Patung ini sendiri tidak ada satupun yang sama wajahnya, menakjubkan sekali bukan. Awalnya vihara ini tidak dibuka untuk umum, hanya bisa dikunjungi wisatawan pada saat Hari Imlek saja. Namun sejak diresmikan Gubernur Kepri pada tahun 2017, vihara patung seribu ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di sini. Berjarak tempuh hanya 14 Km saja dari Tanjung Pinang ke arah Kijang, vihara ini wajib kamu datangi jika berkunjung ke Pulau Bintan.


Photo Credit to : SarahJalan.com


Nah bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Pulau Bintan? Untuk mencapai kota ini, jika dari Jakarta bisa langsung naik pesawat menuju Kota Tanjung Pinang. Jika dari Batam, bisa dari Pelabuhan Telaga Punggur menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang atau Pelabuhan Tanjung Uban. Yuk berlibur ke Pulau Bintan!

You Might Also Like

3 comments

  1. yuk kebintan lagi kita kak.... kalo perlu camping di pantai trikora itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mau banget kemping di trikora..

      Delete