Lima Tips Berteman Asik di Grup Whatss App


Empat tahun belakangan popularitas berkirim pesan dengan sms sudah tergantikan dengan berkirim pesan dengan berbagai layanan aplikasi. Hal ini tentu saja memudahkan dalam berkomunikasi, dari sisi biayapun harganya terjangkau. Kita tidak perlu lagi menghabiskan pulsa untuk mengirimkan sms, kita cukup menggunakan paket data yang sudah terintegrasi dengan layanan ponsel pintar milik kita untuk mengirimkan pesan teks, gambar, video, bahkan suara kepada orang lain.

Bak jamur di musim hujan, aplikasi berkirim pesan ini dari tahun ke tahun semakin banyak jumlahnya. Dahulu kita mengenal Blackberry Messanger [BBM], aplikasi layanan berkirim pesan yang bisa diakses oleh pengguna ponsel pintar Blackberry. Kemudian ada We Chat, Kakao Talk, Line dan Whats App. Line dan Whats App adalah aplikasi yang sangat popular digunakan oleh para warganet di negeri kita.




Kehadiran Whats App perlahan-lahan menggeser popularitas BBM yang pada awalnya sukses mencuri hati para pengguna social media. Walaupun whats app sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang paling canggih saat ini, namun sebagai salah satu media berkomunikasi non formal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penggunanya agar komunikasi yang dilakukan tetap ada di track yang tepat. 

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna aplikasi whatss app

1.    Whats App itu layanan aplikasi yang tidak bernada
Walaupun dilengkapi dengan emoticon yang lucu, menarik, dan beragam, ingat saja bahwa whats app tidak memiliki nada ketika kita mengirimkan pesan berbentuk teks. Kita tidak tau apakah pengirim menggunakan nada tinggi, intonasi marah, intonasi sedih atau intonasi gembira ketika berkirim pesan. Jadi untuk menghindari kesalahpahaman, pikirkan berulangkali kosa kata, dan pemilihan kata ketika membahas hal-hal yang penting seperti pekerjaan atau hal-hal yang cukup serius.




2.    Posting hal-hal yang penting
Popularitas yang meningkat dari aplikasi Whats App berujung pada feature membuat grup di aplikasi ini dengan sangat mudah. Grup Whats App kini mengalahkan chit chat di Blackberry Messanger. Salah satu hal yang diperhatikan ketika berada di sebuah grup adalah memberikan informasi yang penting. Tidak semua hal bisa kita bagikan di grup Whatss App. Pilih kembali konten yang akan kita sebarluaskan, terutama terkait berita-berita tentang Agama, Politik, informasi terkini dan yang lain. Perlu kita saring kembali apakah ini fakta, opini atau bahkan berita hoax atau yang diragukan kebenarannya.




3.    Ada 256 slot di sebuah Grup Whatss App
Kapasitas member group yang jumlahnya ratusan membuat kita harus bersikap tenggang rasa, tepo seliro, saling menhormati dan menghargai antar member grup. Kadang ada yang membicarakan akan hal-hal sensitif dan terjadilah salah paham berujung pada salah satu atau beberapa member “left grup”. Terkadang bahasan politik di sebuah grup melebar kemana-mana sehingga grup tersebut sudah tidak asyik dan tidak nyaman lagi ketika berkomunikasi. Untuk menjaga agar member grup tetap on the track, perlu dibuatkan aturan-aturan dalam grup.




4.    Tidak bawa perasaan please
Terkadang jika salah satu rekan kita sedang ada masalah, kelakar atau bercanda di grup bisa membuatnya menjadi marah, atau ngambek. Kondisi yang tidak ideal ini malah bisa membuat grup di dalam grup. Akan ada lagi banyak grup yang dibuat oleh member-member yang merasa kurang puas/ kurang nyaman di dalam grup sebelumnya. Karena Whatss App adalah aplikasi sosial media, maka hendaknya kita tidak usah menyikapi hal ini secara berlebihan. Cukup biasa-biasa saja agar hidup kita sehari-hari tidak tentram.




5.    Tetaplah menjalin persahabatan di dunia nyata
Seindah-indah kita berteman atau berbicara di Whatss App, tentu akan sangat menyenangkan jika kita bisa berjumpa langsung dengan sahabat-sahabat kita dengan suasana riang dan gembira. Jadi tetaplah seru-seruan bersama teman-teman di dunia nyata. Lihatlah dan tataplah wajah teman kita ketika berbicara, jadi tidak melulu wajah kita terpaku saja di layar ponsel. Kita hidup hanya sekali. Manfaatkan waktu bersilaturahmi dengan sahabat sambal ngopi bersama, cerita bersama, dan berbagi sama-sama.




Jadi pergunakanlah aplikasi mengobrol yang sudah canggih ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif.

You Might Also Like

11 comments

  1. berkomunikasi dg whatss app memang menyenangkan..tp tetep lebih menyenangkan jika bertatap muka dg sahabat.

    ReplyDelete
  2. wa hanya perantara saja...yang paling asik tetap bisa bertatap muka...hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..betul bisa tertawa riang bersama2..bahagia yang sederhana..

      Delete
  3. WhatsApp emang juara deh. Komunikasiku semua dari situ kak. Emang lebih menyenangkan kalo tatap muka langsung.Tapi kalo ga bisa ketemu, ya tetep bisa vidcall sih, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. vcall kadang2 klo sinyal kelelep suka putus sendiri..hahaha

      Delete
  4. Hahahaha baru tau ada trik trik utk ngobrol di grup makasih infonya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 roma..biar ga baper dan tetep asik gitu loh rom..

      Delete
  5. Hehe yang pasti berkat Grup WhatsApp aq masi bisa bersilaturahmi dan bercanda canda dengan kak fit setiap hari, ketawa ketiwi juga wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh di mata deket di hati ya babang sad..

      Delete
  6. sekarang gampang banget berkomunikasi pakai whatsapp. simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. so easy..tp tetep lebih menyenangkan ketika berjumpa teman2

      Delete