Pekerjaan-pekerjaan Keren Ketika Kamu Lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi

We cannot communicate
Berbicara tentang kampus, tiba-tiba teringat sebuah sinetron tahun 90-an berjudul  Kampus  yg diperankan oleh Anjasmara dan menceritakan keseruan menjadi mahasiswa dengan lika-likunya.

Ya dunia kampus memang memiliki kehidupan warna-warninya. Dimulai dari memilih universitas, memilih fakultas dan jurusan, hingga tempat tinggal dan jumlah biaya yang dikeluarkan. Sebelum lulus dari sekolah menengah, biasanya para siswa sudah melalui berbagai program try out sehingga mereka mengetahui dan memahami akan mengambil jurusan yang mana ketika berkuliah nanti.

Salah satu fakultas yang menjadi favorit anak muda di Indonesia adalah Fakultas Ilmu Komunikasi. Setiap tahun perguruan tinggi yang memiliki fakultas ilmu komunikasi mengalami peningkatan jumlah mahasiswa. Mengapa demikian? Ternyata di zaman globalisasi sekarang ini, banyak lapangan-lapangan kerja yang memiliki prospek yang bagus jika sudah lulus dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

7 pekerjaan keren berikut ini menantimu setelah lulus kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi nanti :

1.                Public Relations Officer yang handal
Dunia public relations dari dulu tidak ada matinya. Profesi ini selalu menjadi profesi favorit mahasiswa jurusan hubungan masyarakat. Setiap perusahaan pasti membutuhkan Public Relations yang handal untuk mengurus perusahaan agar tetap ada di lini bisnis terdepan. Bertemu dengan klien perusahaan, membuat publisitas sebuah event, hingga berkordinasi dengan berbagai media adalah tugas-tugas seorang Public Relations di sebuah perusahaan. Seorang Public Relation tidak hanya memiliki ragawi yang cantik atau gagah, tapi juga harus diiringi dengan kecerdasan dalam menganalisa setiap permasalahan-permasalahan yang muncul.





2.                Jurnalis yang hits
Sekarang ini cita-cita menjadi jurnalis/wartawan terbuka lebar seiring dengan berbagai jenis media hadir di Indonesia. Era digital menggeser pergerakan dari media cetak ke media digital begitu cepat. Jurnalis yang memiliki keahlian, kecerdasan, dan bisa mengemas berita yang menarik sangat dicari belakangan ini. Tentu saja untuk belajar menjadi jurnalis handal ada tekniknya juga. Para mahasiswa bisa menempuh kuliah di jurusan jurnalistik yang ada di berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri.


Credit to :www.selasar.com


3.                Penyiar Televisi dan Radio yang  berkualitas
Jumlah televisi nasional di negeri kita setiap tahunnya bertambah, belum termasuk siaran-siaran televisi berbayar. Hal  ini juga merupakan salah satu prospek yang baik untuk lulusan ilmu komunikasi. Mereka bisa memilih ada di depan layar dengan menjadi penyiar televisi/ presenter, atau memilih karir ada di belakang layar dengan menjadi produser, kamerawan atau yang lainnya. Dunia radio juga mengalami perkembangan yang baik, menjadi penyiar radio merupakan salah satu kesenangan banyak anak kuliah di berbagai kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya hinggaa Yogyakarta. Tidak jarang mereka yang sukses kini di dunia televisi, ketika kuliahnya disambi menjalani pekerjaan menjadi penyiar radio. Tapi kamu juga harus bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja ya jika memilih kuliah sambil siaran.


Credit to : ww.romeltea.com



4.                Marketing Komunikasi yang tangguh
Menyusun jadwal bertemu media, menyiapkan promotion tool kit, promosi di media, membuat script promosi, mengelola social media perusahaan merupakan tugas-tugas yang diberikan kepada seorang marketing komunikasi di sebuah korporat. Selain skill komunikasi yang baik, pergaulan yang luas, dan pintar membangun social network adalah syarat-syarat utama yang dmiliki oleh seorang Marcomm yang tangguh. Banyak perusahaan yang mencari Marketing Komunikasi Staff di sekarang ini, jadi persiapkan dirimu untuk masa depan yang lebih baik ya.


Credit to : www.drifft.com


5.                Social Media Specialist yang trendy
Sudah 5 tahun terakhir ini, profesi Social Media Specialist meningkat popularitasnya. Dengan perkembangan media sosial yang semakin pesat, peranan social media specialist juga semakin dinanti kiprahnya. Tidak hanya meng-update status lewat Facebook, Instagram dan Twitter, dan Youtube, seorang social media specialist juga harus mampu menganalisa persaingan pasar, merebut hati follower menjadi pelanggan tetap di perusahaan dan mengelola brand/merek dengan maksimal.


www.shutterstock.com


6.                Dosen yang elegan
Tidak banyak mahasiswa yang memiliki keinginan untuk menjadi dosen. Tapi profesi dosen ini cukup menjanjikan loh. Selain berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa khusus untuk dosen dari berbagai universitas terbaik, kamu juga berkesempatan mengabdikan diri pada masyarakat lewat program pengadian. Bagi yang suka mengajar, membaca, dan bertemu banyak orang, mungkin profesi ini boleh dicoba loh. Kamu bisa mentrasfer ilmu yang kamu miliki ke mahasiswa demi kemajuan pendidikan anak bangsa di masa yang akan datang.


Credit to : www.executivevoice.co.uk


7.                Digital Advertising Agency yang kece
Berbagai perusahaan periklanan baik nasional maupun multinasional berperan penting dalam kemajuan dunia periklanan di Indonesia. Bagaimana iklan-iklan di televisi hadir membawa pesan menarik dan menempel di iingatan, atau video-video di Youtube yang banyak ditonton orang tidak lepas dari peranan digital agency. Dengan iklan yang memiliki jingle yang menarik tentu saja membuat produk tersebut bisa laris di pasaran. Nah kamu para lulusan Ilmu Komunikasi bisa banget jadi bagian team yang membuat iklan tersebut.


Credit to : www.loveleon.com




Nah itulah pekerjaan yang menanti mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi jika kamu lulus 4 tahun mendatang. Siap buat menjadi anak Fikom kan?




You Might Also Like

0 comments