8 Tempat di Mekkah dan Madinah Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah Pengetahuan tentang Islam


8 Tempat di Mekkah dan Madinah Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah Pengetahuan tentang Islam
Tempat-tempat ini merupakan lokasi mustajab ketika memanjaatkan doa kepada Allah.
Mekkah dan Madinah, dua lokasi yang tidak pernah sepi sepanjang tahun. 3 juta umat muslim di seluruh dunia sepanjang tahun datang ke Tanah Harram (suci) ini untuk menunaikan ibadah, baik haji maupun umroh. Di sela-sela ibadah yang dilakukan, kunjungan ke beberapa tempat menarik di dua kota suci itu akan menambah pengetahuanmu tentang dunia Islam.
Perjalanan suci ini ditempuh dengan waktu 8 jam perjalanan dari Jakarta. Jika musim haji tiba, akan ada direct flight Jakarta-Madinah, atau Jakarta-Jeddah. Dari Jeddah biasanya perjalanan dilanjutkan menuju Mekkah selama 3 jam. Jika perjalanan langsung ke Madinah, biasanya akan tinggal dahulu beberapa hari di kota itu, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Mekkah yang memakan waktu tempuh selama 6 jam.
8 tempat di Mekkah dan Madinah ini bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuanmu tentang Islam. Yuk disimak!

1. Museum Al-Quran

Museum ini terletak di kota Madinah, tepatnya di selatan Masjid Nabawi. Jadi, kamu bebas mengunjunginya ketika beribadah di masjid kebanggan umat muslim ini. Di dalam museum Al-Quran terdapat berbagai koleksi Al-Quran dari seluruh dunia. Ada koleksi Al-Quran dari India yang telah berusia 100 tahun. Ada juga Al-Quran yang ditulis tangan yang terbuat dari kulit rusa. Tidak perlu khawatir ketika mengunjungi museum ini, karena ada tour guide yang akan memandu kita yang fasih dengan beberapa bahasa. Tersedia juga fasilitas audio visual di dalam museum jika kita ingin mendengarkan apa saja yang terdapat dalam museum.



photo credit: alhijjazhajiumroh

2. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain artinya adalah masjid yang memiliki dua arah kiblat? Wah, kenapa bisa begitu? Pada permulaan Islam, jamaah melakukan salat lima waktu dengan kiblat mengarah ke Masjidil Aqsha atau Baitul Maqdis. Kemudian turunlah wahyu QS:Al Baqarah 144, dan Nabi Muhammad SAW mengganti arah kiblat ke Masjidil Haram di Mekkah. Setiap musim haji dan umroh tiba, masjid yang terletak di Madinah ini selalu ramai didatangi oleh para jamaah.


photo credit: britishhajtravel

3. Arafah, Muzdalifah, Mina

Kunci sahnya haji seseorang adalah Arafah. Arafah adalah padang pasir yang sangat luas yang letaknya 25 km dari pusat kota Mekkah. Pada tanggal 9 Dzulhijjah, seluruh jamaah haji wajib hadir di Arafah. Bagaimana jika mereka sakit? Pemerintah Saudi akan menyediakan tenda, ambulans hingga helikopter untuk membawa jamaah. Padang Arafah sekarang lumayan hijau karena ditanami banyak pohon sumbangan pemerintah Indonesia dari zaman presiden Soeharto.
Sebelum mengunjungi Mina untuk prosesi ibadah haji selanjutnya, para jamaah calon haji mengunjungi Muzdalifah dan bermalam di sana. Diharuskan mengambil batu di tempat ini untuk keperluan melempar jumrah di Mina nanti.
Dalam masa haji, para jamaah juga diharuskan untuk menginap di Mina selama 3-4 hari dengan kegiatan utama adalah lempar jumrah. Setiap hari jamaah wajib melempar jumrah di tiga jamarat yang bernama Jumrah Ula, Jumarah Wustha, dan Jumrah Aqobah.


photo credit: amusing planet

4. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah dalam bahasa Indonesia artinya Bukit Kasih Sayang. Konon, ini adalah tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah mereka dipisahkan ketika makan buah kuldi. Yang populer dilakukan oleh banyak orang di sini adalah berdoa dan menuliskan nama pasangan agar kekal abadi bersama. Letak Jabal Rahmah adalah tidak jauh dari Padang Arafah. Cocoknya didatangi sore hari ketika matahari perlahan-lahan mulai kembali ke peraduannya agar terhindar dari cuaca terik. Tetap waspada pada banyak peminta-minta dengan aneka modus menolong ketika kamu berkunjung ke sana.


photo credit: duniatimteng

5. Makam Baqi

Baqi adalah kompleks pemakaman yang terletak di area Masjid Nabawi (Madinah). Di Baqi inilah para sahabat-sahabat, istri-istri, anak-anak dan keluarga Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Bila jamaah haji wafat di Madinah tentu saja akan dimakamkan di Baqi. Jamaah pria punya waktu bebas untuk mengunjungi Baqi, namun tidak demikian dengan jamaah wanita. Jamaah wanita punya jadwal tertentu untuk mengunjungi Makam Baqi. 


photo credit:  Mas Anton Chandra

6. Masjid Namira

Masjid ini cukup unik karena area depan masjid bukan wilayah Arafah. Sementara area tengah hingga belakang masjid merupakan wilayah Arafah. Masjid Namirah memiliki tiga kubah besar dan mampu menampung 350 ribu jamaah. Dahulu Nabi Muhammad SAW menunaikan ibadah salat zuhur dan ashar dalam kondisi jamak qasar di masjid ini pada waktu Haji Wada’. Masjid ini juga dijadikan tempat istirahat bagi jamaah ketika mereka melakukan perjalanan dari Mekkah menuju Arafah.


photo credit: best islamicimages

7. Masjid Nabawi

Suasana khusyuk terasa begitu kental ketika memasuki masjid di Kota Madinah ini. Pintu-pintu besar berwarna keemasan itu seakan-akan ke dua yang ada di dunia ini. Salah satu tempat mustajabnya berdoa ada di sini yaitu raudhah (taman surga). Raudhah terletak di antara mimbar dan makam rasulullah. Di Nabawi ini tidak perlu khawatir kehausan ketika beribadah, setiap penjuru kita akan menemukan air zam-zam yang selalu ada. Di sini pula nabi kebanggaan umat muslim seluruh dunia ini dimakamkan bersama sahabatnya Abu Bakar Shiddiq dan Umar Bin Khatab.


photo credit:  Mas Anton Chandra

8. Masjidil Haram

Salat lima waktu di Masjidil Haram adalah impian semua umat muslim dunia. Karena Allah mengganjar 100.000 pahala jika kita salat di sini. Di tengah-tengah Masjidil Haram yang ada di Kota Mekkah ini, terdapat bangunan kotak hitam yang selalu dipenuhi oleh orang-orang yang sedang tawaf 7 keliling, ya itu adalah Ka’bah. Siapa yang tak ingin sampai di depan sana? Jika ingin menunaikan salat berjamaah, datanglah minimal 1 jam lebih dahulu dari waktu salat, agar mendapatkan saf yang lega. Tersedia air zam-zam di berbagai tempat. Setelah salat, janganlah terburu-buru keluar, berkunjunglah ke lantai atas masjid untuk melihat betapa megahnya masjid ini.


photo credit:  Mas Anton Chandra

Tempat-tempat di atas merupakan lokasi mustajab ketika memanjaatkan doa kepada Allah. Semoga Allah memberikan rahmatnya pada kita semua agar suatu hari nanti bisa menjadi tamu istimewaNya.


You Might Also Like

10 comments

  1. Impianku juga yg belum terwujud, semoga suatu saat nanti bisa ke semua tempat yg disebutkan di atas, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn ya rabb..semoga doa kak eka diijabah allah

      Delete
  2. simpan dulu...mana tau ada rejeki..bakalan saya kunjungi tempat2 diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..sembari berdoa dan berusaha pada allah swt

      Delete
  3. Cita- cita setiap muslim di dunia pastinya nih bisa menginjakkan kaki di tanah suci ini, Amin Ya Rabb semoga segera bisa sampai kesini dan mendatangi semua tempat2 keren ini kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. so pasti bang asad..semoga allah mendengar doa bang asad

      Delete
  4. Subhanallah, salah satu tempat yang pengen banget aku kunjungi. bantu doa nya yaa kak biar aku bisa kesini atas ijin Allah, aamiin

    ReplyDelete