7 Tempat Kuliner Di Kota Udang Yang Traveler Perlu Tahu



Cirebon identik dengan julukan kota udang karena Ci artinya Air dan Rebon artinya udang. Kota di pesisir utara Jawa ini secara geografis masuk ke Provinsi Jawa Barat. Salah satu yang istimewa di Cirebon adalah Kasultanan Cirebon yang merupakan salah satu kesultanan besar di nusantara yang ada di abad 15 dan 16 masehi. 

Lokasinya yang strategis di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah membuat Cirebon menjadi kaya akan keberagaman, baik bahasa, budaya, bahkan makanan.




tempat kuliner di kota udang cirebon jawa barat

Pada suatu hari di grup trip saya berlabel “GGG”, “Yukkk kita ke Cirebon” ujar Kak Nadia, seorang traveler kece yang udah mengelilingi bundarnya dunia ini. “Hayuk ah, kulineran kita” ujar saya, Uni Mitta, dan Kak Achid. 

Sebagai tukang makan, kami memang suka kulineran dimana saja. Jadilah awal Agustus Kak Nadia udah memesan hotel dan tiket kereta untuk keberangkatan ke Cirebon yang hanya berjarak 3 jam saja dengan kereta dari Jakarta.

7 Tempat Kuliner di Kota Udang - Cirebon, yang Perlu Diketahui

Apa aja sih tempat kuliner yang traveler harus ketahui di kota kelahiran penyanyi hits Dewi Yull ini? Simak list berikut ini ya

1.    Nasi Jamblang Mang Dul


Setelah landing di Stasiun Cirebon, dan memesan transportasi on line nan murah meriah, tujuan pertama kami yaitu Nasi Jamblang Mang Dul. 

Nasi jamblang favorit banyak orang ini sudah melegenda sejak tahun 1970-an. Siang yang terik itu saya memesan seporsi nasi jamblang, paru, perkedel kentang dan sambal. 

Rasanya jangan ditanya, mantap, bumbunya pas, pedasnya nikmat. Memang cocok jadi kuliner legendaris. Sebagai penutup, kami menyantap segelas es krim durian yang ada di depan nasi jamblang yang terletak di Jl. Cipto ini.


tempat kuliner di kota udang cirebon
Nasi Jamblang Mang Dul di Jalan Cipto ini salah satu tempat kuliner di kota udang yang wajib didatangi. Foto credit to : www.travelingyuk.com


2.    Empal Gentong H. Apud


Masakan gurih yang mirip gulai berbumbu kuning dengan isi daging ini adalah makanan khas kota Cirebon. Empal Gentong H. Apud sudah lama jadi langganan saya jika berkunjung kesini. 

Harganya yang bersahabat, tempatnya yang luas, dan rasanya yang lezat tiada tara membuat saya tidak pernah bosan datang ke sini. Seporsi Empal Gentong belum cukup untuk sore itu, sehingga kami juga memesan sate kambing muda yang bertekstur lembut, dan enak.


tempat kuliner di kota udang cirebon jawa barat
Empal Gentong H.Apud yang menggugah selera - makanan khas Cirebon yang wajib kamu datangi!!!


3.    Serabi Alvina


Malam itu entah kenapa terpikir ingin ngemil Serabi Bandung. Jadi langsung saja mencari kata kunci serabi di Google.com, dan keluarlah informasi mengenai serabi Alvina ini. 

Terletak di pusat kota, mengambil tempat di kaki lima dan lesehan. Serabi ini ternyata ramai loh pelanggannya. Kami memesan serabi oncom, serabi keju, dan serabi telur sosis. 

Ah dimakan hangat-hangat enak sekali, paduan oncom dan irisan cabai rawit membuat serabi ini rasanya pedas dan gurih dimulut.

4.    Es Kopyor 4848


Tidak jauh dari Hotel Asri tempat kami menginap, es kopyor 4848 begitu fenomenal ternyata. Yang berjualan adalah orang tua yang sepuh, namun kehadiran es kopyor ini memang menggoda sekali. 

Campuran sirup merah dengan kopyor dan diberi topping es batu memang mampu menghilangkan dahaga di siang hari nan terik itu. Es kopyor ini dirupnya terbuat dari gula asli, tanpa pengawet dan pemanis buatan loh. Jadi kamu yang suka manis-manis, wajib mampir ke sini. Harganya segelas Rp. 30.000 saja.


tempat kuliner di kota udang cirebon
Credit to : www.travelingyuk.com


5.    Nasi Jamblang Pelabuhan


Sengaja tak sarapan porsi besar ketika pagi-pagi di hotel. Jam 09.00 kami sudah menuju Nasi Jamblang Pelabuhan yangh sudah terkenal itu. Sampai di sana, parkiran telah penuh dengan pelanggan yang antri sarapan. Wow ramai sekali ya, pasti makanannya enak! 

Ternyata bener, satu porsi nasi jamblang, ikan asin, tempe, tahu goreng dan sambal habis dalam sekejap di piring anyaman bambu punya ku. Sambalnya yang pedas dan ikan asin kesukaanku tak bertahan lama di piring itu. Dalam dua jam aku udah sarapan dua kali. Ah tak mengapa..


tempat kuliner di kota udang cirebon
Pepes telur kepiting yummy sekali - wajib banget ke tempat kuliner di kota udang yang satu ini...

6.    Mie Koclok Mang Sam


Baru kali ini aku mendengar nama kuliner Mie Koclok, penasaran rasanya seperti apa. Jadi malam minggu itu, kami mampir ke Mie Koclok Mang Sam di Jl. Pekiringan – Pekalipan Kota Cirebon. 

Kononnya mie lezat ini telah ada sejak tahun 1970an loh. Setelah mie hangat datang ke meja, tanggapan saya atas mie ini adalah tidak jauh bentuknya dari Mie Celor khas Palembang yang jadi kegemaran saya sejak kecil. 

Mie koclok ini disiram kuah putih yang rasanya gurih, isiannya ada daging, udang, daun bawang, daun seledri dan juga tauge. Rasanya lezat dan porsinya besar.

7.    Bonschery Cake and Bakery


Sebuah toko kue di kawasan Jl. Pamitran siang itu menjadi tujuan kami. “Roti sisirnya enak” kata Uni Mitta, temanku.  Sepulang dari makan Nasi Jamblang Pelabuhan, masih saja kami kelayapan ke tempat makanan. Beragam aneka kue pasar, pastry dan aneka cemilan hadir di tempat ini. 

Aneka minuman tradisional juga ada loh. Siang itu aku membeli Ketan Bumbu Ibu Yudi yang jadi best seller di sini, sebotol jamu kunir asam, roti sisir, dan kue pasar. Ya ampun, rasanya belum kenyang saja. 

Bonschery sepertinya jadi favorit warga Cirebon untuk membeli aneka roti dan kue. Terbukti siang itu ramai sekali yang mengunjungi toko ini. Aneka oleh-oleh juga bisa dibeli di sini loh.


Bonschery tempat beli oleh-oleh


Itu dia... 7 tempat kuliner di kota udang, Cirebon Jawa Barat yang wajib dikunjungi - apalagi oleh traveler. 

Nah mana tempat yang akan kunjungi minggu ini? Jalan-jalan tanpa kuliner memang kurang lengkap loh rasanya pembaca.



You Might Also Like

1 comments