7 Kegiatan Yang Bisa Kamu Nikmati Dengan Produktif Ketika "Free Time"




Terkadang ada masanya dimana kita jenuh untuk melakukan pekerjaan terus menerus sehingga memutuskan untuk beristirahat sebentar dari dunia pekerjaan. Bagi sebagian orang hal ini bisa menjadi masalah karena terkait income atau pendapatan yang masuk ke rekening setiap bulannya. Namun bagi sebagian lagi, mereka butuh istirahat sebentar. Tabungan yang cukup untuk mengakomodir kehidupan selama tidak bekerja salah satu alasannya.




Jika pembaca terbiasa dengan ritme kerja yang padat, mobile dari satu daerah ke daerah lain, meeting dengan calon klien dari satu restoran ke restoran lainnya, istirahat sebentar dalam dunia kerja tidak menimbulkan masalah dengan catatan tidak terlalu lama. Karena jika punya “free time” terlalu lama, akan menimbulkan kejenuhan loh.  Nah bagi pembaca yang telah memilih untuk beristirahat sebentar dari dunia kerja, bisa melakukan beragam aktivitas ini loh, sehingga walaupun statusnya “free time” kamu tetap produktif dengan waktu luang.




1.        Liburan ala kamu
Me time dengan liburan adalah hal yang sungguh menyenangkan. Kamu bebas memilih ke pantai ke gunung, liburan di dalam negeri atau di luar negeri. Lakukan dengan sesuka hatimu, ingin memilih solo traveling atau pergi dengan sahabatmu. Semuanya terserah yang kamu inginkan, Kamu bisa merancang liburan impianmu selama seminggu, atau sebulan mungkin. Jika selama ini kamu merasa terkurung dengan kubikel di kantormu, atau yang kamu temu hanya klien itu-itu saja, sudah saatnya kamu bertemu dengan orang-orang baru dengan liburan ini.



2.        Kursus Memasak
Kamu ingin bisa memasak suatu hari nanti, atau kamu punya cita-cita luhur jika telah menikah akan memasak makanan sehat untuk keluargamu. Kursus singkat memasak juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika kamu “free time”. Ada beragam jenis kursus memasak di luar sana, dari harga yang terjangkau hingga harga yang super mahal. Sesuaikan dengan budget yang kamu punya ya. Kamu bisa memilih kursus baking, atau memasak kue, pastry atau memasak lauk-pauk. Semua jenis kursus memasak tentu saja bisa kamu nikmati, karena nanti kamu akan merasakan hasil kue atau masakan yang lezat untuk membahagiakan orang-orang tersayang di sekitarmu.



3.        Membaca buku kesukaan
Selama ini kamu gak pernah punya waktu untuk membaca buku kesukaanmu? Nah ini waktu yang sangat tepat loh. Segera list buku-buku atau novel-novel terbaru yang udah kamu incar. Datangi toko buku kesukaanmu, dan nikmati kencan dengan semua buku yang telah berhasil mengisi ruang hatimu. Buku adalah cakrawala dunia. Dengan buku juga kamu bisa mendapatkan berbagai cerita baru, pengetahuan baru dan ilmu-ilmu baru yang nanti bisa menjadi pengembangan skill dan kepribadianmu.



4.        Family time
Selama ini rumah hanya tempat istirahat saja bagimu, nah mumpung free time kali ini mencoba untuk melakukan banyak hal di rumah. Membantu ibu bercocok tanam, atau bercerita dengan ayah tentang masa mudanya, mungkin hal yang bisa kamu lakukan. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan jika bisa minum teh ditemanin dengan sepiring donat buatan ibu. Duh surga sekali bukan.



5.        Mengikuti workshop atau seminar
Di kantor, pasti kamu akan dikirimkan untuk mengikuti seminar /workshop yang sudah ditentukan temanya. Misal kamu adalah supervisor finance, pasti training yang akan kamu ikuti adalah seputar finance, audit, accounting. Sementara selain finance, kamu memiliki passion menulis, kamu bisa banget mengikuti workshop menulis atau workshop bagaimana membuat blog dengan baik. Tentu saja hal ini menjadi keasyikan tersendiri  bagi kamu dan out of the box dari duniamu sehari-sehari di pekerjaan.



6.        Menjadi relawan komunitas
Zaman sekarang berbagai komunitas bisa kamu ikutin loh sesuai dengan minat kamu, ada komunitas dalam bidang pendidikan, sosial, pariwisata, lingkungan, anak-anak dan yang lainnya. Pilih salah satu yang sesuai dengan kesukaanmu. Nah biasanya komunitas-komunitas ini membutuhkan sejumlah relawan yang nantinya berpartisipasi dalam berbagai kegiatan mereka. Selama kamu free time, bisa sekali untuk mendaftar di salah satu komunitas. Kamu bisa berbagi apa yang kamu miliki dengan komunitas tersebut dan tentu saja akan membuat kamu lebih bahagia.



7.        Menulis hal apa saja yang disukai
Selama ini kamu ingin menulis, tapi bingung kira-kira apa yang bisa ditulis. Salah-salah nanti malah dikira curhatan ala anak remaja yang galau. Nah sekarang itu bisa menulis dimana saja dan apa saja. Aneka platform digital bisa kamu pilih untuk menjadikan tempat kamu berkarya. Pahami lagi tema-tema tulisan yang menarik sehingga tulisanmu enak untuk dibaca oleh orang lain. Kamu pasti akan senang sekali jika tulisanmu banyak dibaca oleh orang lain




Nah demikian 7 hal yang bisa dilakukan saat kamu free time, kamu mau mencoba yang mana untuk dipraktekkan?

You Might Also Like

2 comments

  1. Nah kegiatan mana yang kamu pilih?

    ReplyDelete
  2. Me time ku masak,,makan,.,sembari nonton...aaahh senang kali bisa melakukan ini seharian kalo lagi libur :)

    ReplyDelete