8 Posisi Untuk Wanita Keren dan Tangguh yang Ingin Berkarir di On Shore Site. Yang Mana Jadi Incaran Mu?


 “Women are like teabags. We don’t know our true strength until we are in hot water.” – Eleanor Roosevelt

Tidak pernah terbayang dalam benakku akan bekerja di sekitar lepas pantai untuk sebuah project di sebuah perusahaan kontruksi. Pekerjaan yang mayoritas diisi oleh kaum Adam ini ternyata cukup membekas di hati dan benakku hingga saat ini.

Yang keren dari pekerjaan ini biasanya adalah gaji yang lebih dari cukup, seragam yang keren, dan perjalanan dinas serta perjalanan pulang ke rumah yang ditanggung oleh perusahaan. Ya ku tak munafik gaji berkali-kali lipat dari pekerjaanku sebelumnya, tugas ke luar negeri, cuti pulang kampung yang dibayarin kantor pun ku nikmati pada saat itu.

Credit To : www.mcconnelldowell.com


Tapi tak banyak wanita yang kujumpai di area kerjaku, dari 400an karyawan yang terdaftar di perusahaanku kurang lebih hanya 10 orang cewe-cewe kece yang jadi temenku.. Berprofesi sebagai apa sajakah mereka di antara ratusan pria-pria macho yang ada di sebuah site dekat pantai Teluk Paku ini? Yuk kita simak di bawah ini:

1.    Accounting & Finance

Posisi akunting di sebuah perusahaan on shore site sangat memungkinkan dipegang oleh seorang perempuan. Perempuan paling jago untuk urusan uang, laporan keuangan, ketelitian, pengelolaan uang, dll. Untuk itulah perusahaan tempat ku bekerja dahulu memilih seorang wanita untuk mengisi posisi penting ini. Seorang accounting & finance dituntut untuk bekerja dengan cepat, tepat, teliti, dan mempertimbangkan terhadap uang-uang yang akan dikeluarkan perusahaan.

Credit to : www.pentatraining.com


2.    Procurement

Lead procurement tempatku bekerja dahulu memiliki pengalaman bekerja yang sudah malang melintang di dunia kontruksi. Kelihaiannya dalam bernegosiasi dengan vendor, skill berkomunikasi, hingga keramahannya patut menjadi contoh bahwa pekerjaan procurement di area on shore site bisa kok dihandle oleh seorang wanita.

Credit to : www.sdcexex.com


3.    Human Resources

Seorang Human Resource harus memiliki skill, kecakapan, hingga keahlian untuk berurusan dengan banyak pihak. Ya karyawan, pemerintah, syahbandar, kelurahan, kecamatan, RW hingga RT. Salah satu dari team yang ada di department Human Resource ini pasti ada seorang wanita yang dianggap memiliki kredibilitas, dan komunikasi yang mumpuni untuk berhubungan dengan segala pihak.

Credit to : www.mun.ca


4.    Document Control

Posisi ini masih agak asing di telingaku ketika aku baru saja masuk. Apa saja sih tugas document control atau sering disingkat menjadi Docont ini? Berada di dalam Department Quality Assurance/ Quality Control (QA/QC) posisi Document Control sangat penting untuk memastikan semua document yang akan keluar dari perusahaan tercatat dengan baik. Semua dokumen harus dicek dan ricek terlebih dahulu oleh seorang Docont ketika keluar kantor. Docont akan memeriksa nomor, isi dokumen serta yang berwenang menandatangani dokumen tersebut.


Credit to : www.itebsacademy.com

5.    Engineering Administration

Salah satu posisi di kantor on shore site yang bisa di berikan kepada kaum hawa adalah Engineering Administration. Tugas dari Engineering Admin biasanya merekap hasil rapat, merangkum kebutuhan-kebutuhan engineer di lapangan, serta membuat laporan kemajuan pekerjaan engineer.

Credit to : www.cdu.edu


6.    Project Secretary

Seorang project secretary akan mengurus banyak hal di kantor on shore site. Kebutuhan Project Manager terkait jadwal rapat, laporan bulanan, perjalanan dinas, alat tulis kantor, dan berbagai dokumen para expariate. Project secretary haruslah seseorang yang memilki kecakapan dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan sigap dalam pekerjaan. Project Secretary juga harus memiliki hubungan yang baik dengan klien, dan vendor berkaitan dengan proses penyelesaian proyek.

Credit to : www.massolution.biz


7.    HSE Administration

Posisi ini sangat memungkinkan diisi oleh seorang wanita. Menyiapkan alat pelindung diri untuk staff baru, menyiapkan induction training untuk staff baru, memberikan penjelasan mengenai potensi-potensi bahaya di area on shore site adalah tugas-tugas seorang HSE Administration. Di bawah department Health Safety Environment, HSE Admin bekerja dengan profesional untuk meminimalisir jumlah kecelakaan kerja yang terjadi di proyek.

Credit to : www.oilandgasmiddleeast.com

8. Woman Engineer

Posisi ini cukup bergengsi di on shore site, di tempatku bekerja hanya ada satu engineer perempuan yang sangat handal. Disejajarkan bekerja di lapangan bersama rekan pria lainnya, dia menjadi wanita tangguh di site selama bertahun-tahun. Berbagai pekerjaan lapangan dikerjakan dengan rasa tanggung jawab, profesional, dan dari hati. Tak heran jika dia sangat diandalkan oleh kantor dalam berbagai project di dalam dan luar negeri.


Credit to : www.techstory.in



Nah itulah delapan posisi yang bisa di handle oleh wanita tangguh jika ingin bekerja di on shore site. Posisi mana yang jadi incaranmu?




You Might Also Like

1 comments