Selamat Hari Relawan Internasional!


/su·ka·re·la·wan/ /relawan / / n menurut KBBI adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan)

2014

Saat itu aku membaca di Twitter jika akan ada rekrutmen untuk Inspirator dan Pengajar Kelas Inspirasi Bandung. Ya aku langsung mendaftar dengan berharap bisa lolos seleksi. Informasi yang kudapat bahwa tidak semua yang mendaftar itu lolos seleksi. Penerimaan relawan cukup ketat yang katanya adalah seorang professional yang memiliki cita-cita luhur untuk kemajuan pendidikan anak negeri ini nantinya. Ku mengajak sahabat di kantor untuk ikutan, ya siapa tau kegiatan positif ini menular kepada orang-orang sekitarku.



Sebulan setelah pendaftaran ku dinyatakan lolos, tak terkira bahagianya. Aku bertemu dengan rekan-rekan dari Bandung dan Jakarta pada saat mengajar di sebuah SD di Jl. Pasir Kaliki.

Banyak yang menanyakan berapa bayaran yang kuterima ketika mengajar. Aku bilang bahwa itu kegiatan sosial yang aku lakukan dengan senang hati. Banyak teman-temanku yang bilang “cape-cape ngajar tapi gak dibayar untuk apa”. Tapi ku tak patah arang dan putus asa. Aku senang untuk berbagi, senang bercerita pengalaman kerjaku untuk anak-anak di sekolah itu.


2015

Kepindahakanku ke Jakarta ternyata membawaku bertemu dengan banyak kegiatan dan relawan-relawan lainnya dari berbagai bidang. Pendidikan, budaya, festival seni dan yang lainnya ku ikuti untuk menjadi seorang relawan. Aku melecut diri sendiri untuk sebuah kata bernama “Komitmen”. Aku menabung ekstra untuk semua pengeluaran akomodasi, transportasi dan konsumsi untuk semua aktivitas kerelawanan.

Aku sangat bahagia ketika dipercaya menjadi Stage Manager Asean Literary Festival, bangga ketika menjadi Media Relations Makassar International Writer Festival, dan haru tak terkira berhasil mendirikan sebuah komunitas bersama rekan-rekan di Bandung yang kami namakan Komunitas BISA, yang merupakan kepanjangan dari Bangkitkan Inspirasi Bangsa.

Aku bahagia bertemu, berbagi, dan melaksanakan kegiatan dengan teman-teman yang baru aku kenal selama di ibu kota. Kelas Inspirasi Jakarta juga aku ikuti, aku menangis haru ketika bisa bergabung dengan 1200 orang relawan lainnya untuk berbaur membagikan pengalaman di berbagai sekolah dasar di Jakarta.


2016

Perjalananku menjadi relawan pendidikan aku luaskan ke Pulau Batam, tempatku pernah mengadu nasib di sana. Melalui perjuangan menulis essay yang panjang bisa meloloskan ku menjadi Relawan Pengajar sebuah sekolah dasar di Patam Lestari, Sekupang. Jarak jauh 20 KM yang ditempuh 1 jam dari Batam Center membuatku memiliki [lagi] keluarga baru di pulau ini. Menyenangkan mengenal teman-teman baru yang sampai sekarang masih menjadi sahabat-sahabatku setiap kunjungan ke Batam.

Menjadi relawan Komunitas BISA juga masih aku lakukan dengan mengajar di Gunung Halu, Bandung Barat dan perbatasan Purwakarta. Selain itu aku juga aktif mengajar di berbagai sekolah di Bogor, Lido, Bandung dan Depok yang tergabung dalam divisi sosial sebuah komunitas human resources. Bergabung dengan rekan-rekan yang berprofesi sebagai Human Resources, Legal, dan GA menjadi kesenangan sendiri karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang HR.


2017 s.d sekarang

Di 2017 aku masih ikut terlibat dalam beberapa kegiatan relawan pendidikan dan menambah networking menjadi relawan pariwisata untuk daerah Kepulauan Riau. Wah aku sangat senang sekali bisa mempromosikan pariwasata yang ada di Kepulauan Riau. Aku harus meluruskan bahwa Riau itu berbeda dengan Kepulauan Riau. Aku juga mempromosikan bahwa Kepulauan Riau tidak hanya Batam sebagai tempat transit orang-orang yang akan ke Singapura. Kepulauan Riau masih punya Tanjung Pinang, Lingga, Tanjung Balai Karimun dan yang lainnya. Untuk tahun ini dengan segala kesibukanku, aku masih cuti menjadi relawan pendidikan, masih fokus ke relawan pariwisata yang kegiatannya banyak on line.

Nah itulah kisahku sebagai relawan yang sudah memasuki tahun ke empat ini. Aku bangga menjadi relawan. Selamat Hari Relawan Internasional!


You Might Also Like

1 comments