Manfaat Berbuka Bersama Dengan Teman dan Keluarga Yang Harus Kamu Ketahui



Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan silaturahmi [ HR Imam Muslim]
Bulan Ramadan tidak afdol jika tidak ada kegiatan dengan judul buka bersama atau buka bareng atau banyak istilah lainnya. Intinya buka puasa bersama-sama dengan banyak orang. Bahkan urutannya ada buka puasa bersama teman TK, SD, SMP, SMA, Kampus, Kantor A, Kantor B, Komunitas A, Komunitas B loh. Belum lagi buka puasa bersama Genk trip, genk fitnes, genk ini, genk itu, nahh pusing gak?

Walapun berbuka puasa bersama dengan siapapun aku minimalisir tahun ini karena berbagai alasana. Namun berbuka puasa tetap ada ada manfaatnya kok.





Bersilaturahmi akan memanjangkan rezeki

Mungkin kita mengadakan buka bersama dengan sahabat, teman, kolega yang telah lama tidak berjumpa. Mengobrol seperti dahulu lagi adalah hal yang mahal di Jakarta. Semua orang memiliki kesibukan masing-masing. Mungkin dengan mengadakan kegiatan buka bersama ini kita menjalin kembali silaturahmi dengan baik.

Berbuka puasa bersama dengan ilmu yang bermanfaat

Paling senang jika ada undangan buka puasa bersama komunitas. Kenapa? Karena jika ada undangan dari komunitas biasanya akan dibuka dengan kegiatan diskusi atau workshop yang bergizi. Tentu saja bergizi karena ada banyak ilmu yang bisa kita serap dan memperluas wawasan kita. Jadi biasanya aku paling senang jika ada undangan buka puasa bersama dari berbagai komunitas manapun.

Berbuka puasa bersama melatih rasa empati kita

Beberapa kali aku mengadakan buka bersama dengan teman-teman disertai dengan berbagi santunan dengan anak yatim piatu. Hal ini tentu saja mengharu biru. Tak butuh lama bagiku untuk mengumpulkan donasi dengan jumlah yang besar untuk project amal ini. Banyak orang baik yang masih memiliki hati mulia untuk berbagi dengan mereka. Hal ini tentu saja bisa melatih rasa empati kita. Melatih jiwa ini agar bisa mensyukuri berkah yang allah berikan, melatih agar bersabar jika diberi ujian, dan menerima dengan legowo jika ada sesuatu yang tidak menyenangkan dalam kehidupan.

Berbuka puasa bersama melatih sifat gotong royong

Menyenangkan ketika ada buka bersama dengan mengumpulkan makanan-makanan yang dibawa sendiri oleh yang akan datang. Berdasarkan pengalaman kemarin ketika berbuka puasa di sekolah dengan sistem potluck, sukses lebih dari dua puluh jenis makanan terkumpul. Ada makanan ringan, makanan berat, minuman, dan lain-lain. Dengan sifat gotong royong yang dimiliki ini kita bisa meningkatkan rasa tenggang rasa juga loh. Bekerja sama juga jadi lebih mudah.

Berbuka puasa bersama meningkatkan hubungan batin dengan orang tua

Alhamdulilah tahun ini aku diberikan kesempatan untuk pulang ke rumah lima hari sebelum hari raya tiba. Senang sekali bisa melaksanakan buka puasa bersama ayah dan ibu di rumah. Setiap hari aku membantu ibu menyiapkan keperluan berbuka bersama, termasuk menemani ayah membeli lauk pauk berbuka sejak hari pertama kedatanganku.

Hari berikutnya aku dan ayah ke pasar loh. Sesuatu yang tak pernah aku lakukan sebelumnya. Jika ke supermarket sudah biasa ditemani ayah, kali ini ayah menemaniku masuk Pasar Keluarga pada suatu hari Minggu siang yang sangat terik. Bahkan ayah memilih sendiri sayur kesukaannya agar nanti dimasak ketika berbuka puasa. Sayur lobak, walaupun bukan lobak singgalang, namun lobak kerinci. Tapi kulihat ayah senang sekali berbelanja siang hari itu.

Nah menurut kamu mana manfaat yang kamu rasakan ketika berbuka bersama baik dengan teman maupun keluarga?



You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...