Pengalaman Berinvestasi Saham Dengan IPOT Syariah



“Saham bisa jadi sebagai salah satu alat untuk aksi bela negara dan bangsa agar perekonomian Indonesia kuat”  -Marco Kawet, Indonesia Stock Exchange

Ibu kota menawarkan banyak hal untuk meraih kesuksesan, masa depan, pergaulan, pendidikan, pekerjaan, dan pilihan investasi terbaik. Pindah ke ibu kota bukan merupakan pilihanku, namun ku ikuti saja jalan hidup yang mengalir ini membawaku dari sebuah pulau yang tenang ke ibukota yang ramai cenderung hiruk pikuk.



Sebuah tempat ngopi terbaru hadir tidak jauh dari kantor ku di masa itu. Hanya 300 meter saja berjalan kaki dari kantor. “Filosofi Kopi” namanya, terinsipirasi dari judul buku karangan penulis keren negeri ini dan diadaptasi menjadi sebuah film yang kece dan ciamik. Tidak disangka sang pemain film langsung menangkap moment ini menjadi sebuah bisnis baru yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi mereka. Beberapa kali ku melihat Chicco Jericho dan Rio Dewanto hadir di meja kasir ketika akhir pekan di saat pembeli sedang ramai-ramainya.

Aku menyukai tempat ini karena interiornya yang menarik, rasa kopi yang pas di tenggorokan, dan tidak adanya wifi agar para pengunjung benar-benar berbicara kepada teman mereka, bukan melihat ke layar ponsel terus-terusan. Makanan di cafe yang selalu ramai di saat sore tiba inipun juga enak menurutku. Red velvet cake yang manisnya pas menjadi kesukaanku untuk menemani segelas es cappucino.

Namun dipikir-pikir sering-sering nongkrong di tempat gaul ini bisa bikin kantongku bolongnya banyak, dan tabungan jebol juga ya. Ku sedang berpikir kira-kira apa yang cocok buat investasi ya? Yang terjangkau, prosesnya cepat, jika kepepet bisa dicairkan, atau jika ada keuntungan ya bisa dipakai sedikit.

Mengenal Intrument Investasi Baru

Kira-kira satu tahun yang lalu aku mendapatkan informasi sebuah intrument berinvestasi selain properti, dan logam mulia, yaitu saham. Apa sih saham itu? Terus cara investnya gimana? Halal atau haram sih buat muslim? Nanti kalo rugi gimana? Trus cari sekuritas terbaiknya dimana? Semua pertanyaan itu bertumpuk di benakku.

Pak Marco Kawet Menjelaskan Kondisi Pasar Modal Indonesia


Setelah semuanya terjawab dengan mantap dan jelas dengan memakan waktu tiga bulan riset membaca buku dan bertanya pada teman, aku mengambil kursus mengenai Pasar Modal Syariah Level 1 dan Level 2 yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia. Dengan hanya Rp. 100.000 saja kita bisa mendapatkan pengetahuan dan ilmu mengenai pasar modal syariah. Walaupun jam kursusnya seharian, dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore, aku bersemangat mengikuti materi. Walaupun mengantuk di jam-jam rawan, dan pusing melihat grafik yang tersaji di depan mata.  Ya setidaknya sore itu aku punya ilmu baru mengenai investasi saham.

Indopremiere Hadir Membantuku
Di suatu sore Miss Rakhmi, rekan sekantorku yang juga kuajak pada waktu Sekolah Pasar Modal Syariah itu mengajak ke sebuah sekuritas. “Yuk mba kita ke Indopremiere, bagus nih rekomendasi dari teman saya” ujarnya. “Hayu ujarku” tanpa ragu.

Kemudian aku mencari informasi mengenai sekuritas  ini melalui intenet. Ku temui alamatnya di http://indopremiere.com dan banyak sekali informasi yang ku dapatkan. Mulai dari sejarah berdiri, visi misi sekuritas, produk, hingga award serta achievement yang didapatkan.  Bagiku yang masih awam ini, award dan achievement sebuah sekuritas ini sangat penting. Artinya banyak masyarakat/nasabah yang percaya dana atau uangnya dikelola dengan baik oleh Indopremiere.

E-flyer Ruphiah X Indopremier


Menembus kemacetan ibukota dari Kalimalang menuju Gedung GKBI di Sudirman sore itu membutuhkan waktu 70 menit berkendara. Syarat-syarat telah di bawa seperti KTP Asli, NPWP Asli, Copy KTP, dan Copy NPWP.

Setiba di kantor Indopremiere kami diminta untuk menunggu sebentar di ruangan yang sejuk ini dan kemudian dipersilahkan duduk di depan meja customer service. Dengan menjelaskan maksud dan tujuan untuk datang kesini, customer service dengan ramah dan detail menjelaskan mengenai Indopremiere. mengisi formulir on line, memberikan persyaratan yang diminta, dan tidak lama kemudian jadi deh kami memiliki RDN atau Rekening Dana Nasabah.

Hati riang sekali, dengan biaya yang terjangkau saja udah bisa punya saham perusahaan. Mimpi apa gitu ya. Setelah memantau beberapa perusahaan cakep dengan fundamental yang baik, akupun mengoleksi beberapa sahan unggulan yang masuk dalam LQ45.

Manfaat Berinvestasi Saham


Ternyata dengan berinvestasi saham kita bisa mendapatkan banyak manfaat loh

1.    Capital Gain [Kenaikan harga saham]
Ketika kita telah memutuskan untuk membeli saham dengan fundamental terbaik, nah suatu saat kita akan mendapatkan harga saham itu naik. Misal saat membeli saham Astra dengan kode ASII dengan harga 7.125 / lot, maka jika ini kita invetasikan, harga saham Astra telah naik beberapa persen.  Pertanggal 28 Juni 2019 saja harga saham ASII 7375/lot. Nah ini kita mendapatkan keuntungan dari pembelian harga saham.

2.    Dividen [Pembagian Laba]
Dividen adalah pembagian keuntungan/laba sebuah perusahaan yang diberikan kepada investor atau pemilik modal atau penanam saham. Walaupun saham kita belum banyak seperti pemilik saham mayoritas, kita sebagai pemegang saham berhak loh akan keuntungan tersebut. Biasanya dividen dibagikan sekali dalam setahun.

3.    Aksi bela negara dan bangsa
Menjadi pemilik saham sebuah perusahaan merupakan aksi bela negara dan bangsa loh. Sudah saatnya anak-anak muda seperti kita berpartisipasi dalam mengokohkan perekonomian negara. Kita mulai saja dulu dengan menabung dan mengumpulkan saham-saham yang mampu kita beli.
 
Peta Indonesia Untuk Pembangunan Yang Merata

Investasi Berkah Bersama Indopremier Syariah

Sejak awal mengenal instrumen saham ini, literatur yang ku cari adalah hukum mengenai saham dalam islam. Berbekal sebuah buku yang membahas tuntas tentang saham syariah akhirnya aku mematangkan diri dan berinvestasi melalui IPOT Syariah. Walaupun demikian, ada syarat-syarat atau kriteria mengenai saham syariah ini loh, yaitu :

1. Emiten tidak melakukan kegiatan usaha yang bertentangan dengan prinsip syariah.

Beberapa saham emiten yang tidak diperkenankan untuk dikoleksi yaitu jasa keuangan, jasa pembiayaan, perusahaan barang/ jasa yang banyak mudaratnya seperti hotel, perusahaan minuman keras, dan perusahaan rokok.

2. Emiten harus memenuhi beberapa rasio keuangan

Setiap emiten yang masuk ke dalam bursa perdagangan syariah harus memiliki total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total aset yang dimiliki tidak lebih dari 45 %.

Keuntungan Berinvestasi Bersama IPOT Syariah

1. Bebas Riba

Dalam agama islam, riba adalahs alah satu yang wajib dhindari. Jadi bersama IPOT Syariah, apa yang kamu investasikan membuat hari semakin tenang karena sesuai dengan syari.

2. Lebih Pasti

Karena investasi ini telah mengikuti syariat artinya investasi di pasar mdoal syariah tidak gharar. Yaitu terhindar dari ketidakpastian. Sehingga dalam berinvestasi kita juga merasa aman dan tentram rasanya.

3. Ada Payung Hukum

Terkait investasi di bursa saham syariah ini ada 9 Peraturan Otorotas Jasa Keuangan (OJK) terkait pasar modal syariah, Undang-Undang Sukuk Negara (SBSN), dan Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Pengalaman Menggunakan Indopremiere Sebagai Sekuritas Terbaik

Kuakui saat ini salah satu sekuritas terbaik yang dimiliki negeri ini adalah Indopremiere. Hadir dengan teknologi terkini dengan berbagai aplikasi yang bisa digunakan seperti IPOT FUND, IPOT PAY yang selalu ada dalam genggaman kita.

Ketika di awal membuat Rekening Dana Nasabah [RDN] ada dokumen yang kurang lengkap aku tanda tangani, eh keesokkan harinya Indopremiere mengontakku dan mengatakan akan mengantarkan dokumen tersebut ke kantorku agar bisa ditanda tangani segera. Wah sampe seperti ini banget yang pelayanannya. Mantap sekali! Tidak sia-sia ternyata dari Kalimalang ke Sudirman di tengah-tengah kemacetan ibukota.


Tampilan halaman depan IPOT

Dua minggu lalu ketika salah satu koleksi sahamku tidak lagi masuk Jakarta Islamic Index dan aku ingin segera menjualnya, aku mengontak Indopremiere terlebih dahulu agar diberikan petunjuk yang baik ketika akan menjual saham, dan mereka menjelaskan bahwa nanti dananya akan masuk terlebih dahulu ke akun reguler kemudian setelah settlement akan dipindahkan ke akun syariah.

Nah itu ceritaku menggunakan Indopremiere untuk berinvestasi saham demi masa depan yang lebih baik. Selain saham, kamu juga bisa membeli produk-produk unggulan Indopremiere seperti reksadana, reksadana syariah, ETF, dan yang lainnya. Ingin invetasi saham di sekuritas terbaik? Indopremiere aja loh ya! #orasusah

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...