Pengalaman Asik Menjajal Skuter Listrik di Jalanan Ibukota



Dua orang tewas ditabrak mobil saat bermain skuter listrik, sebuah judul berita yang ngeri-ngeri sedap 2 minggu belakangan ini di sebuah lini masa sosial media.



Kejadian ini awalnya luput dari pemberitaan, lama-lama viral juga. 6 orang yang sedang mengendarai skuter listrik ditabrak di area senayan pada Minggu dini hari, 10 November 2019 lalu.

Berita ini cukup mengejutkan aku dan The Kawula Muda, karena Sabtu, 9 November 2019 jelang Maghrib hingga selesai Isya kami mengendarai skuter listrik di area Stasiun BNI City, Jakarta Pusat. Telah lama The Kawula Muda berencana ingin kumpul, dari September gitu, selalu gagal hingga tanggal 9 November kami bisa merealisasikanya. Wacana buat bermain skuter juga telah dibahas di grup. Setelah ngemil-ngemil manja di FX, kami menuju area bermain skuter yang lumayan jaraknya dari Senayan.

Mengantri Skuter Dengan Sabar
Ya kami bermain di area Stasiun BNI City, karena antrian di FX telah membludak dan khawatir tidak mendapatkan giliran dengan cepat. Kami ke stasiun BNI dengan moda MRT dari Stasiun MRT Kemenpora. Yess, akhirnya aku menjajal juga MRT di Jakarta ini setelah beroperasi selama 8 bulan. Tidak lama waktu yang kami tempuh dari FX menuju Stasiun Dukuh Atas. Setelahnya kami berjalan kaki menuju area coffee shop yang terdapat beberapa skuter yang sedang dialiri daya listrik. Dengan sabar kami menanti sekitar 45 menit, agar kami berlima bisa bermain bersama-sama.


Mural Canti di Stasiun Sudirman

Mba Dwi, dan Luthfi mendapatkan giliran terlebih dahulu, karena ada dua skuter yang udah cukup baterainya dan bisa dipakai dalam beberapa jam ke depan. Sementara aku, Wisnu, dan Mba Meita masih sabar untuk menunggu skuter. Setelah kami bertiga mendapatkan skuter ini, kami bertiga menyusul Mba Dwi dan Luthfi.

Langkah-langkah Menggunakan Skuter:

1.  Pastikan skuter memiliki baterai yang cukup, cek jumlah bar yang ada di sisi kiri  skuter yang menandakan berapa kilometer jarak bisa yang ditempuh.
2.  Scan barcode yang ada di skuter dengan menggunakan aplikasi Grab yang ada di  ponsel pintar. Jika belum menginstal aplikasi Grab, harap install terlebih dahulu ya.
3.    Setelah sukses proses unlock gunakan skuter di trotoar atau jalanan yang bersahabat dengan skuter
4.    Berkendaralah dengan kecepatan yang sedang
5.  Jika telah selesai bermain, kembalikan skuter ke tempat semula, scan kembali barcode Grab yang ada di lokasi terbut untuk “Finished Trip”.
6.   Grab akan menghitung jumlah pemakaian kita. Rp. 5000 yang harus kita bayar untuk pemakaian 30 menit.

Bermain Skuter Asik di sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas

Kami berlima asik sekali bermain skuter sore itu, dengan rute trotoar di sepanjang Stasiun MRT Dukuh Atas. Hingga azan Magrib berkumandang, kami melaksanakan ibadah terlebih dahulu di Musala MRT Stasiun Dukuh Atas dengan cara bergantian. Kasian Wisnu, karena sendirian, dia didatangin orang-orang yang menanyakan apakah skuter bisa dipakai, karena melihat skuter 4 biji nganggur.



Menjajal Skuter Bersama The Kawula Muda

Aku buru-buru naik ke atas, agar Wisnu ada temen sembari menunggu yang lain salat. Setelah itu kami melanjutkan lagi main skuter ke trotoar Jl. Sudirman. Hanya di trotoarnya saja loh ya, karena sumpah gak berani jika harus berselancar di jalan raya. Ssetelah mengecek kondisi baterai yang hampir habis. Kami memutuskan kembali ke base semula dan menyelesaikan trip kami. Dengan high speed aku menyusul Wisnu, Mba Dwi dan Luthfi yang ada di depanku.


Setelah muter-muter selama 1 jam lebih

Hampir saja aku menabrak truk yang sedang berhenti dikarenakan garuk hidung yang gatal tapi lupa ngerem. Alhamdulilah masih baik-baik saja. Akhirnya kami berlima berkumpul kembali di tempat semula dan “end trip”. Pemakaian kami hanya Rp. 15.000 selama 1 Jam 12 menit saja. Hari telah menunjukkan pukul 20.00 ketika kami menuju FX Sudirman kembali untuk makan malam. Sop Konro Bakar adalah menu makan malam yang pas untuk kami berlima setelah lelah dan gembira bermain skuter. Sedari siang Mba Meita kepengen banget makan pakai Sop Konro khas Makassar ini.
Konro Bakar setelah lelah mengendarai skuter


Dengan adanya aturan baru dari pemerintah mulai 25 November 2019 ini, pemakaian skuter terbatas di kawasan-kawasan tertentu saja loh. Seperti di area Gelora Bung Karno dan Ancol Jakarta Utara. Semoga aturan-aturan pemakaian skuter ini lebih baik lagi dah di area penyewaan helm juga tersedia. Ketika kami mengantri kemarin, tidak ada satupun helm yang tersedia di area tersebut.

Jakarta muralnya cakep-cakep loh!


You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...