Comfort Food Yang Lezat dan Nikmat Versi Diriku


Menurut kamus Merriam-Webstercomfort food adalah makanan yang diolah dengan cara tradisional dan memiliki daya tarik nostalgia atau sentimentil. 

Sementara itu, kamus Oxford menyebutkan bahwa comfort food adalah makanan yang memberikan penghiburan atau perasaan nyaman. Santapan ini dikaitkan dengan sajian di masa kecil atau makanan rumahan.




Itu adalah pengertian Comfort Food menurut kamus, aku juga memiliki beberapa comfort food loh. Yang jelas comfort food versiku ini bikin hati tenang dan riang karena terbiasa dikonsumsi dari masa kecil.

1.     Sate Padang

Sate padang adalah satu kesukaanku dan masuk salah satu comfort food versiku. Aku menyukai sate padang dengan jenis daging dan usus. Duh lezatnya minta ampun ketika daging dan usus yang lembut setelah dibakar itu bercampur dengan kuah sate yang hangat, kental dan pedas. Baik kuah sate khas Pariaman yang merah merona, maupun kuah khas Bukittinggi yang kuning meruning karena kunyit. Mau tau langganan sate padangku selama di Jakarta? Ajo Ramon di Pasar Santa dan Ajo Manih di Balai Pustaka – Rawamangun.


Sate Padang dengan kuah kuning

2.     Pempek

Walaupun bukan orang Palembang, ngirup cuko adalah kesukaanku dari kecil. Aneka pempek seperti pempek kapal selam, lenjer, adaan, pistel, kulit, pempek panggang dan keriting adalah kegemaranku sejak dulu. Pempek yang lembut, dan ikannya tidak terlalu berasa banget itu rasanya cocok banget di lidah. Ditambah dengan cuko yang pekat dan pedas, wuihh sedap hingga hirupan terakhir. Aku tidak bosan mengonsumsi pempek, wah kemarin ketika dapat kesempatan datang ke Palembang, puas-puasin banget makan pempek selama empat hari.

Lenggang Panggang khas Palembang

3.     Pisang Goreng

Aku adalah fans berat pisang goreng. Sering membeli pisang di supermarket kemudian aku goreng di rumah dan bawa ke kantor untuk dimakan bersama teman-teman. Pisang yang manis, berbalut tepung dan digoreng serta dimakan ketika masih hangat. Wah tak terkira loh lezatnya. Apalagi jika ditaburi dengan keju atau meses. Tambah nikmat loh rasanya.

Pisang Goreng jo Katan

4.     Bakso

Sepertinya daging yang dibentuk bulat dan disajikan bersama kaldu, mie dan bihun ini adalah makanan kesukaan banyak orang. Ditemani dengan kecap, sambal, jeruk nipis, dan dimakan pada saat hujan, aduh nikmat tuhan mana lagi yang kamu dustakan. Aku menyukai bakso halus dan bakso urat, apalagi jika ditambah tetelan. Lembut rasanya ketika dikunyah. Beragam bakso yang biasa aku beli adalah Bakso Lapangan Tembak, atau Bakso Samrat. Banyak juga bakso lain yang jadi langgananku. Kalau di rumah, pastinya bakso langganan  sejak aku masih kelas 3 SD loh, selalu setiap hari lewat depan rumah.


Bakso Samrat hadir di berbagai lokasi di Jakarta

5.     Nasi Padang

Salah satu comfort food favoritku adalah nasi padang dengan menu kesukaan gulai tunjang. Jika aku kurang enak badan, aku akan merasakan nyaman lagi setelah menyantap satu porsi nasi padang. Di Jakarta ini aku biasa beli di RM Salero Tebet, RM Putra Minang Mayestik atau dimanapun yang penting rasanya enak. Nasi Padang itu paling enak jika kita membelinya dengan cara dibungkus loh, karena semua bumbunya menyatu dan ada daun pisang sebagai alasnya. Jika nasinya hangat, wangi banget pas dibuka dan tentu saja menggugah selera untuk segera menikmatinya.

RM Sederhana Rawamangun, wuih menunya mantapp

6.     Pangek ikan kacang panjang

Sebagai orang keturunan Minang, tentu saja akrab dengan menu dengan bahan santan. Santan terbaik lahir dari kelapa tua yang diperas pertama kali dan menghadirkan santan kental. Nah santan kental ini yang akan diolah menjadi pangek loh. Ikan nila/ mujair adalah menu utama dari menu ini. Jadi setelah santan dan semua bumbu halus dimasak di atas kompor, masukkan ikan nila/mujair, jika udah setengah matang tambahkan kacang panjang. Masak hingga matang dan kuah mengental. Duh bisa nambah nasi dua piring loh jika makan pangek ikan kacang panjang ini. Sedari kecil aku menyukai pangek ikan kacang panjang yang selalu dimasak ibu. Sehingga jika pulang ke rumah, ini adalah salah satu menu yang akan saya minta agar dimasakkan. Memang masakan ibu tiada dua lezatnya.


7.     Soto Padang

Soto Padang itu rasanya nikmat sekali, perpaduah kuah dengan rempah-rempah khas Minang bercampur dengan potongan daging atau paru, soun, perkedel, dan kerupuk merah. Jangan lupakan untuk menambah sambal cabe yang banyak, perasan jeruk nipis, serta sedikit kecap sehingga rasanya jadi istimewa. Di Jakarta, Soto Padang bisa ditemui di RM Mangkuto, Soto Padang Bang Karto, RM Beringin Sawo dan soto padang di area Tebet di depan PSPT.


Soto Bang Karto di Tanah Abang

Dengan tujuh menu comfort food ini mengingatkan kita bahwa Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang lezat dan otentik. Kita patut menjaga kelestarian makanan-makanan ini, yang paling sederhana tentu saja dimulai dari keluarga sendiri.







You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...