Tutor Development Program, Kerja Sama Yang Ciamik Antara IHRI dan YPAB


Leadership and learning are indispesable to each other - John F Kennedy
Seperti yang telah disepakati, pagi hari Sabtu itu kami akan mengadakan kegiatan Tutor Development Program, kerja sama antara Komunitas IHRI dan YPAB. Kali ini pelaksanaan diadakan di YPAB Bintaro, sekaligus melihat lokasi kantor YPAB yang baru saja pindah loh.

Ke Bintaro Dengan Derasnya Hujan
Sabtu di awal Februari itu hujan turun dengan sangat deras, merata di sleutuh wilayah Jakarta. Aku mengabarkan akan datang agak terlambat di Stasiun Tanah Abang, tempat titik kumpul kami bersama. Mencari ojek on line ternyata ketika hujan deras ini tidak mudah, kupesan jua Go Blue Bird, walapun agak lama untuk mendapatkan taksi pagi itu. Butuh 15 menit untuk menunggu taksi belogo biru itu untuk sampai di depan rumah dengan tujuan Stasiun Cawang.  Stasiun ini adalah stasiun terdekat untuk menuju Stasiun Tanah Abang.





Tak berapa lama setelah tiba di Stasiun Cawang, alhamdulilah tibalah kereta yang akan ku naiki diirngi dengan hujan yang rintik-rintik. Alhamdulilah aku mendaptkan kursi untuk duduk di tengah ramainya penumpang pagi ini. Aku pikir orang-orang tetap saja berdiam diri di rumah ketika hujan begini. Ternyata sama saja sepertiku, orang-orang tetap beraktivitas di tengah derasnya hujan sedari Subuh.

20 menit kemudian aku telah tiba di Stasiun Tanah Abang, ku kabarin Mas Eka dan Mas Eko yang telah tiba terlebih dahulu, kamipun menunggu Mba Tyas yang sedang dalam perjalanan menuju Tanah Abang. Setelah Mba Tyas datang, kami bersama-sama menuju Bintaro, perjalanan kereta ini ditempuh dalam waktu 30-40 menit dengan berhenti di Stasiun Jurang Mangu. Sesampainya di Stasiun Jurang Mangu, kami menunggu kehadiran Mba Ajeng yang ternyata naik kereta setelah kami. Setelah komplit, dengan taksi on line kami menuju kantor YPAB yang paling baru. Kurang lebih 10 menit saja dari stasiun. Ruko berlantai tiga ini akan digunakan sebagai pusat kegiatan YPAB di wilayah Bintaro.

Volunteer as a Coach oleh Coach Andi
“Volunteer as a coach” begitulah tema singkat namun padat pada hari itu. Materi diberikan oleh Coach Andi yang sehari-hari beraktivitas sebagai People Develoment Officer Semen Dynamix. Materi dari Coach Andi ini sangat berbobot untuk sehari-hari menggali potensial seorang siswa.


Volunteer as a coach by Coach Andi
Sesi pertama kita mengisi beberapa kuisioner mengenai keahlian kita dalam beberapa bidang seperti sosial, linguistik, seni, komunikasi dan beberapa bidang lainnya. Setelah itu kita akan menganalisa mengenai skill yang kita miliki tersebut. Nah setelah itu kita akan mengisi lembaran tahap-tahapan coaching kepada siswa. Hal ini maksudnya tutor akan diberikan sebuah tool/dokumen yang nantinya digunakan untuk memberikan coaching kepada siswa di kelas.


Bersama para tutor YPAB
Dokumen tersebut berisikan skill siswa, kekurangan dan kelebihan siswa hingga langkah-langkah yang perlu diambil selama proses pembelajaran tersebut. Sungguh menyenangkan mengisi form ini, karena kita juga bisa mengaplikasikannya di dalam pekerjaan sehari. Kita bisa mengetahui potensi apa saja yang dimiliki oleh rekan-rekan di kantor kita selama ini.

Menarik sekali training pada hari ini, senang juga bisa berkenalan dengan tutor-tutor yang selama ini belum pernah bertemu, apalagi ini kunjungan perdanaku ke YPAB Bintaro. Jadi sangat berkesan.

Suasana diskusi materi Coaching


Santap Siang di Lot 9 Bintaro nan teduh
Setelah pelatihan, kami makan siang bersama di tengah rintik-rintik hujan. Mas Eka memilihkan Lot 9 Bintaro sebagai tempat makan siang kami. Hanya dengan jarak 15 menit menggunakan taksi on line, kami tiba di sebuah tempat yang hijau, luas, dan teduh. Apalagi setelah hujan deras di pagi itu, suasana Lot 9 Bintaro syahdu sekali.


Teduh dan syahdu setelah hujan reda
Tempat ini tentu saja instagrammable, baru saja membuka pintu telah disajikan pemandangan barista yang sedang meracik aneka kopi di siang itu. Lot 9 Bintaro sangat ramai pengunjung siang itu, kami memilih sofa yang luas di area bawah sebagai tempat duduk. Sofa nyaman berwarna merah tua itu sangat empuk, dan cocok untuk bersandar ditemani dengan segelas teh poci hangat.



Aneka Kopi Berkualitas di Lot 9

Aneka menu yang lezat dipesan untuk teman bersantap siang seperti Udang balado, tumis kangkung, tumis genjer, ayam bumbu lada hitam dan yang lainnya. Lezat sekali menu-menu di restoran yang dikelilingi dengan pohon-pohon hijau ini. Udang baladonya ku rekomendasikan deh jika pembaca datang ke Lot 9 Bintaro. Udangnya yangs egar dengan ukuran besar serta rempah baladonya yang banyak, pas sekali sebagai lauk makan siang.


Santap siang di Lot 9 Bintaro
Kamipun menghabiskan waktu hingga sore hari di sana. Setelah makan siang, agenda kami adalah berdiskusi dengan Mas Ical dari YPAB mengenai materi-materi yang akan diberikan IHRI selama program kerja sama sepanjang tahun 2020 ini. Bahasan ini cukup seru dan menarik, karena aku menyukai kegiatan berbagi seperti ini, apalagi untuk teman-teman dengan segala hal yang menantang masih punya semangat untuk mengenyam pendidikan ini.

Produktif sekali akhir pekanku kali ini bersama teman-teman IHRI dan YPAB, tidak sabar untuk beragam kegiatan positif tahun ini.



You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...