8 Hal Yang Menyenangkan Berikut Ini Bisa Kamu Lakukan Selama Masa #dirumahaja


Lebih baik di sini, rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa
Semuanya ada di sini
Rumah kita – God Bless
Sudah minggu kedua kantorku melaksanakan kebijakan bekerja di rumah atau bahasa kerennya work from home sesuai dengan seruan Gubernur DKI Jakarta. Periode ini berlangsung dari 18 – 27 Maret 2020. Ada kabar burung yang menyatakan bahwa kebijakan ini akan diperpanjang hingga 5 april 2020.

Tagar #dirumahaja menggema selama dua minggu terakhir di dunia maya maupun di dunia nyata, salah satu my guilty pleasure adalah pergi ke Bintan untuk bekerja. Berkunjung ke Bintan tentu lewat Batam, dengan dua kali pakai pesawat untuk pulang dan pergi, serta speed boat menuju dan dari Tanjung Uban. Sementara itu aku tidak mengetahui kondisi kesehatan penumpang yang bersamaku. Apalagi sepulang dari Bintan dan Batam aku mengalami radang tenggorokan yang tidak disertai demam dan flu.



Rencana pulang basamo keluarga yang telah kami rancang dari 3 bulan yang lalu, dengan terpaksa kami ganti jadwalnya. Rugi? Pastinya! Pihak maskapai memotong 25-50 % tiket yang telah kami bayarkan. Namun bagi keluarga kami, kesehatan adalah nomor satu untuk kebaikan bersama.



Nah berikut ini adalah beragam aktivitas yang bisa pembaca lakukan selama #dirumahaja, untuk menghilangkan jenuh bin bosan:

1.    Membaca buku favorit

Selama ini jika kamu mengeluh tidak punya waktu untuk membaca buku-buku yang telah kamu beli. Ini adalah saatnya! Kamu bisa melahap dengan cepat dan mengambil intisari buku-buku yang sekarang numpuk di rak. Jika koleksi buku yang akan dibaca menipis, kamu bisa membeli on line buku-buku berkualitas yang telah kamu incar. Cara lainnya adalah membaca e-book di berbagai aplikasi yang ada di ponselmu. “Seribu cara menuju Roma, begitu kata pepatah”. Jadi ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa membaca buku. Ayo lakukan sekarang, mumpung #dirumahaja dan punya banyak waktu.

Photo credit : www.mastekno.com


2.   
Memasak makanan bergizi

Ketika hari-hari bekerja kamu tidak sempat masak, selalu beli di kantin kantor atau bahkan pesan on line yang selalu menguras isi dompetmu. Kali ini udah saatnya deh kamu turun ke dapur. Mengutak-ngatik resep dari kanal youtube favorit, atau mencoba resep Chef Sultan Arnold yang sering banget viral di twitter. Iya, masak telor ceplok anjuran Ko Edward di Twitter itu pasti kamu kuasai. Namun, masih banyak masakan-masakan sedap dan mudah lainnya bisa kamu praktekkan loh. Bahan-bahannya bisa banget kamu pesan on line di berbagai aplikasi belanja seperti Tokopedia, Sayur Box dan Tukang Sayur. Tinggal scroll aja di smart phone dan bayar via m-banking.

Ada banyak manfaat memasak makanan sendiri, selain bisa menghemat pengeluaran, kita menjadi lebih sehat karena kita yang meracik, dan memastikan seluruh bumbu itu segar dan tanpa pengawet. Yuk asah skill memasakmu selama masa #dirumahaja, siapa tau setelah ini kamu punya usaha di bidang makanan.

Photo credit : www.detik.com


3.   
Menata interior rumah dan kamar

Dengan kesibukan kamu yang super padat selama hari kerja, dan frekuensi rebahan kamu yang tidak bisa diganggu ketika akhir pekan, ketika #dirumahaja sekarang ini adalah saatnya kamu menata interior rumah dan kamar. Membersihkan dan mengelap meja, membersihkan pigura photo, menata pot tanaman mungkin kamu bisa lakukan di pagi hari. Siangnya kamu bisa menata atau mengubah posisi kasur, lemari, dan rak buku. Apalagi masa bekerja dari rumah ini membutuhkan tempat yang tenang dan rapi agar mood kamu untuk on line meeting bersama rekan kerja/atasan tetap terjaga baik.

Bosan dengan interior kamar kamu, mungkin kamu bisa melakukan kreasi sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumahmu. Ambil satu tangkai tanaman yang berbunga di halaman rumah, letakkan di wadah cantik dan dikasih air, bisa banget loh untuk mempercantik meja kerjamu agar lebih berwarna.  Agar kamarmu tetap wangi, kamu bisa meletakkan lilin wangi atau essential oil yang dibakar di tungku kecil. Jika kamu tidak punya, bisa dibeli on line di berbagai toko. Namun untuk tetep #dirumahaja, kamu bisa meletakkan serbuk kopi di sebuah wadah sebagai pewangi ruangan alami di ruangan kerjamu.

Poto credit : www.interiordesign.id


4.   
Quality time bersama keluarga

Jika masih tinggal di rumah tua, tentu saja di pagi hari waktumu tidak banyak untuk sekadar minum teh atau ngobrol ringan bersama ayah dan ibu. Nah ini waktunya untuk kamu bisa ngobrol lebih intens dengan kedua orang tua dibandingkan sebelumnya. Manfaatkan waktu luang ini bersama orang-orang yang kita sayangi dan kita cintai. Mungkin di hari-hari kerja kita kurang perhatian akan banyak hal yang terjadi di rumah. Ini saatnya untuk menyapa hangat ayah, ibu, kakak, atau adik. Bisa dimulai dengan sarapan, dan minum teh bersama di pagi hari. Sore hari bisa banget diisi dengan memasak menu makan malam kesukaan keluarga. Pasti setiap keluarga punya makanan kesukaan kan?

Photo Credit : www.parentsquality.com


5.   
Reduce, reuse,  recycle barang-barang di lemari

Daripada bengong atau menghabiskan waktu bersama smartphone selama #dirumahaja kamu bisa mengecek kondisi lemari baju, lemari tas, ataupun lemari bukumu. Jika ada baju-baju yang udah agak sempit dan masih dalam kondisi yang layak, bisa kamu pisahkan dan diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Apabila di lemari bukumu masih banyak buku-buku bagus, udah dibaca, dan sudah lama, kamu bisa pilih beberapa yang nantinya bisa diserahkan ke taman-taman bacaan terdekat. Di masa sulit ini dan sebentar lagi memasuki bulan Ramadan, banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan namun bermakna. Sering kan kamu merasa jika kamu memiliki banyak baju, aksesori, dan hijab, namun yang dipakai itu-itu saja. Tidak salahnya ketika #dirumah aja ini, kamu sediakan waktu untuk reduce dan recycle barang-barang yang saat ini kurang bermafaat bagimu.


6.    Berjemur dan bercocok tanam ringan

Biasanya di hari kerja, pagi-pagi sekali kamu berangkat dari rumah dengan menggunakan kendaraan umum, tiba di kantor udah merasakan suasana adem lewat air conditioning ruangan kantormu. Nah mumpung #dirumahaja, setiap pagi kamu bisa berjemur diri, menikmati limpahan cahaya mentari pagi yang kaya akan vitamin. Berjemur mentari pagi dipercaya membunuh virus corona yang mengerikan itu. Setelah berjemur, sediakan 15 menit waktumu untuk bercocok tanaman obat keluarga [toga], di halam depan atau belakang rumahmu, kamu bisa tanam kunyit, serai, jahe, lengkuas, dan kencur. Tumbuhan ini tidak butuh tempat yang luas kok, dengan siraman air yang cukup, dan cahaya matahari yang cukup dia akan tumbuh sempurna dalam waktu yang tidak lama. Siapa tau setelah nanti kamu mulai bekerja ke kantor lagi, dengan tanaman rimpang yang ditanam dari kebun sendiri, kamu bisa membawa bekal infused water agar tetap sehat. Menyenangkan sekali bukan?




7.    “Liburan” via ponsel

Kamu udah suntuk dan bosan ya #dirumahaja? Ayo mari kita liburan! Eitss liburan yang kumaksud adalah jalan-jalan di ponsel yang kamu miliki. Dengan waktu luang yang banyak ini, coba kamu cek memori ponselmu, pasti ada saja poto-potomu selama liburan di sana bahkan mungkin ada yg belum sempat unggah ke sosial media. Nah kamu bisa edit poto-poto keren saat liburan itu hingga menjadi poto yang kece dan unggah deh ke sosial media. Aku juga demikian loh, setelah dicek ricek, ada banyak poto-poto selama liburan ke Penang dan ke Turki belum pernah di unggah sama sekali. Sekalian banget ini bisa mengasah skill edit potomu melalui aplikasi Canva, Adobe Photoshop atau software ciamik lainnya.


 8.    Menulis blog

Sudah beberapa bulan terakhir aku tidak rutin menulis di blog. Sibuk lah, gak sempet lah, gak mood lah, itu adalah berbagai alasan permisifku. Sekarang ketika #dirumahaja ini aku ingin produktif ah. Selain bekerja dari rumah, aku memaksakan agar otak ini berpikir untuk mencari ide-ide tulisan yang bagus. Seperti sekarang ini, mencoba membuang malas, dan membuka notebook, dan menuangkan segala ide-ide segar di kepala. Jika tidak ada langkah nyata, ide-ide keren bisa menguap begitu saja loh. Aku ingin masa #dirumahaja ini tetap sehat, produktif, dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.



Dari delapan hal yang menarik ini, mana yang telah pembaca lakukan selama masa #dirumahaja sehingga setiap waktu merasa produktif. Boleh ya saling berbagi cerita di komentar.






You Might Also Like

1 comments

  1. Yuks bagi cerita kamu, apa aja yg udah dilakukan selama masa #dirumahaja

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...