8 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Tetap Produktif Ketika COVID 19 Melanda


Do the hard job first, the easy jobs will take care of themselves. – Dale Carnegie
Tak terasa ini adalah hari ke tujuh melaksanakan bekerja dari rumah atau work form home sesuai dengan Seruan Pemerintah, baik itu seruan gubernur, ataupun seruan presiden yang menyatakan “Belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah dari rumah”.

Banyak dari pembaca mempertanyakan seefektif apakah produktivitas bekerja di rumah? Seperti apa mengatur waktunya? Membosankan kah? Untuk yang terbiasa menjalankan karir dari rumah tentu hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sudah memahami bagaimana mengatur waktu agak tetap efektif, efisien, dan target pekerjaan terpenuhi.




Aku bukan orang yang terbiasa bekerja dari rumah. Aku masih senang buat bekerja dari kantor dikarenakan lebih fokus, lebih mudah mengkontrol apa yang menjadi tanggung jawab, dan minim stress. Setelah menjalani selama tujuh hari ini, inilah cerita yang bisa aku bagikan kepada pembaca. Mari simak 8 langkah ini agar bekerja dari rumah tetap membuatmu happy dan produktif.


8 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Tetap Produktif Ketika COVID-19 Melanda

1.    Sarapan Pagi

Hari bekerja biasa, tentu saja kamu memulai harimu dengan sarapan. Nah pastikan juga agar selama kamu bekerja dari rumah tetap mendapatkan asupan sarapan sebelum memulai jam kerja virtualmu. Sarapan ala standar saja seperti oatmil, atau setangkup roti dengan meses yang jadi kegemaranmu, ditambah dengan segelas teh hangat.


2.    Membuat daftar pekerjaan

Tidak jauh berbeda dengan yang dikerjakan di kantor, selama bekerja dari rumah kamu juga harus tetap membuat daftar pekerjaan agar kamu mengetahui sejauh apa target pekerjaanmu selesai, kendala yang ditemui hingga menemukan solusi dari sebuah permasalahan dengan berbagai keterbatasan. Baiknya target yang kamu pasang tidak 100 %, turunkan sedikit agar kamu tetap fokus dan tidak menjadi tertekan. Perlu diingat bekerja dari rumah juga ada keterbatasan, misal apabila dikantor kita akan didukung oleh jaringan internet yang memadai, telepon kantor yang selalu ada di meja, pertolongan tim secara langsung.


3.    Mengatur area kerja dengan baik

Sangat menyenangkan jika kamu tinggal di rumah yang memiliki area ruang kerja dengan tatanan interior asik dan ciamik. Bagi yang tinggal di kost-an, sediakan sedikit space untuk kamu untuk meletakkan notebook, dokumen, dan hal lainnya. Susun dengan rapi, walapun tempatnya kecil, namun kamu masih nyaman bekerja dari rumah. Ini penting untuk membangun semangat dan motivasi kamu dalam menghadapi virtual meeting dengan atasan, maupun briefing dengan seluruh tim.

4.    Coffee break time

Sama seperti di kantor yang butuh istirahat sebentar, bekerja dari rumah kamu juga punya waktu istirahat loh. Jika di kantor kamu dengan senang hati rumpis sebentar di kubikel sebelah, atau sekadar membuat segelas kopi di pantri. Nah selama bekerja dari rumah, pakai kira-kira 10 – 15 menit untuk say hallo dengan teman-temanmu yang ada di rumah mereka. Bisa dengan video call, atau dengan berkirim pesan di aplikasi saling update kabar dan sedang mengerjakan apa saja.




5.    Ambil waktu menggerakkan badan

Pegalkan jika harus terus-terusan di depan notebook, atau menghadapi layar ponsel untuk virtual meeting selama berjam-jam. Ayo gerakkan badanmu ke kiri dan ke kanan dulu selama 15 menit. Ini penting agar sendi, dan otot-otot tubuh tidak kaku. Selain itu melakukan peregangan tubuh mampu mengusir rasa stress kamu akibat bekerja di rumah.






6.    Ishoma sesuai jadwal

Jam 12.00 – 13.00 WIB adalah waktunya makan siang, salat zuhur, dan istirahat sebentar jika di kantor. Berlakukan juga hal yang sama di rumah, ambil waktu 60 menit ini untuk segala kebiasaan yang sama dengan ketika kamu bekerja di kantor. Boleh sisakan 5 menit untuk mereview apa saja pekerjaan yang telah kamu lakukan setengah hari ini, dan mengecek pekerjaan yang akan kamu lakukan hingga nanti sore. Jangan kebablasan untuk tidur siang ya, karena jam-jam 13.00 hingga ke atas adalah jam-jam rawan untuk mengantuk.



7.    Disiplin positif

Untuk pekerjaan yang harus dilakukan di rumah, kamu harus disiplin terhadap semuanya seperti waktu, target pekerjaan, proses, dan hasilnya. Karena jika kamu tidak akan disiplin, semuanya tentu saja menjadi berantakan. Ingat kita dirumah bekerja, bukan buat liburan loh. Perusahaanmu masih tetap akan membayarkan gaji, dan tunjangan transpotasi penuh. Jadi kamu juga harus menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabmu.



8.    Last but not least, tetap berdoa

Berdoa agar virus yang telah menjadi pendemik di hampir seluruh bagian bumi ini segera berlalu. Berdoa agar seluruh pasien yang telah wafat diterima di sisi Allah dengan segala kemuliaan, yang masih sakit segera diberi kesembuhan. 30 hari lagi kita akan menjalani bulan Ramadan, dan aku belum bisa membayangkan seperti apa bulan suci tahun ini. Negara-negara tetangga telah memberlakukan kebijakan lock down setelah jumlah kasus di berbagai negara terus bertambah. Akan kah langkah ini juga suatu hari ditempuh oleh pemerintah kita? Wallahu allam.




Ya ini adalah beberapa langkah agar tetap produktif ketika masa bekerja dari rumah ini. Jika pembaca memiliki tips juga boleh banget yang diceritakan di kolom komentar.




You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...