8 Foto dan Cerita Seru Ini Paling Berkesan Bagiku



“When words become unclear, I shall focus with photographs. When images become inadequate, I shall be content with silence.”— Ansel Adams

Satu foto bisa mengungkapkan seribu cerita, begitu menurut sebuah ungkapan. Ya lewat selembar foto, ada banyak cerita yang bisa kita bagikan ke orang-orang sekitar kita.

Aku pada dasarnya bukan orang yang gemar difoto, namun dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang dijalani, pasti akan ada kegiatan berfoto bersama atau aku difoto oleh teman-temanku yang memang profesional photographer di bidangnya. Ya aku senang sekali bisa difoto dengan apik, baik, keren, dan ciamik oleh teman-temanku yang punya skill fotografi nan mumpuni.




8 photo dan ceritanya ini aku bagikan di blog ini ya, mumpung masih #dirumahaja untuk mengisi waktu agar tetap produktif.

1.  Foto ini berlokasi di Pulau Papagarang, Nusa Tenggara Timur. Mas Yudas, seorang jurnalis majalah pariwisata saat itu menjadi teman perjalananku, memotretnya dengan baik. Saat itu pada November 2015 aku mengikuti trip dari Get Lost Magazine dengan tajuk #getlostkekomodo. Pulau Papagarang ini ditempuh dalam 3 jam perjalanan dari Labuan Bajo. Difoto ini aku memegang tanaman bakau yang akan kami tanam sebagai salah satu aksi sosial kami. Mudah-mudahan sekarang di Pulau Papagarang hutan bakaunya berkembang dengan baik. Foto ini masih jadi kesukaanku.

Menanam bakau di Pulau Papagarang
Menanam bakau di Pulau Papagarang


2.    Aku kurang suka jika difoto candid, karena wajahku akan terlihat jutek. Namun foto candid ini menurutku berbeda sekali. Foto ini diambil saat aku jadi Relawan Pengajar GA Circle pada Agustus 2019 di SD Selapajang Jaya II. Kak Tom yang saat itu menjadi relawan dokumentator mengabadikannya dengan artistik. Dengan dress code merah putih saat itu dan dikelilingi anak-anak kelas dua SD, aku merasa gambar  ini punya energi yang besar.  Moment ini tepatnya ketika aku mencari video Youtube Nusa dan Rara sebagai bahan tontonan anak-anak. Bahagia tak terkira ketika foto ini ada di slide presentasinya Kak Arif, Project Leader Kelas Pendidik Kreatif bulan Januari lalu.




3.  Ini adalah foto kece dari drone yang terbang rendah. Saat itu dalam perjalanan menuju Desa Sumur, Ujung Kulon bersama Tim ACFH, beberapa mobil jalan beriringan. Sembari menunggu mobil lain dan Mas Anton yang ingin bermain drone, kami dimina untuk berbaring di tengah jalanan beton yang kosong. Di pinggir kiri kami adalah hutan dan dipinggir kanan kami adalah pantai. Dengan buru-buru kami ambil posisi berbaring seperti ini di tengah terik mentari jam 2 siang. Tapi tidak menyesal pembaca, foto ini keren dan bagus banget hasilnya. Malah beberapa teman yang mobilnya di belakang dan tidak ikut ambil bagian dalam foto yang diambil oleh Mas Anton Candra menyesal loh. Hahaha. Foto ini menjadi pengingat bahwa kami punya memori yang indah ketika menjadi relawan kemanusian Tsunami Banten pada Februari 2019.
 
Menuju Desa Sumur - Banten
Menuju Desa Sumur - Banten

4.   Foto dengan outfit kain tenun warna merah hati favoritku ini adalah salah satu foto yang meninggalkan kesan bagiku. Diambil pada bulan Maret 2018, saat media trip di Bintan Lagoon Resort oleh Bang Jek, rekan sesama travel blogger dari Batam. Pool Bintan Lagoon masih teduh setelah kami mencari sunrise di pantai. Sebelum sarapan, aku meminjam kain tenun milik Bang Jek yang menurut pengakuannya itu adalah handuknya. Bodo amatlah mau kain tenun itu handuk beneran yang dia pakai atau bukan yang penting eye catching ketika difoto. Foto ini ditayangkan oleh Bang Jek di laman akun instagram Amazing Kepri dan disukai oleh lebih dari 800 orang. Area Bintan Resort yang tersohor itu  memang selalu memukau sebagai lokasi foto.

  Di pool Bintan Lagoon Resort yang teduh
Di pool Bintan Lagoon Resort yang teduh


5.  Butuh usaha maksimal untuk sampai di tiga per empat Pulau Padar. Ketika aku mengikut #GetLostKeKomodo tahun 2015, Om Bowo Sampurna berhasil mengambil fotoku dari belakang loh. Background Pulau Padar nan hits itu menjadi sangat alami dan ciamik. Keindahan  alam Nusa Tenggara Timur memang tak habis-habisnya untuk dikagumi dan dibanggakan. Aku sangat bahagia karena telah mengunjunginya. Om Bowo Sampurna adalah fotografer profesional yang menjadi andalan ketika trip ataupun sekadar kumpul-kumpul dengan Get Lost Family.



6.   Dengan memakai tunik warna merah marun yang aku sukai dan rok batik, rekanku sesama content writer, Mas Ryan mengabadikanku lewat kameranya. Foto candid ini lagi-lagi sembari tanganku memegang ponsel. Hahaha. Foto ini diambil ketika kami menghadiri Konser Inspirasi Perayaan Astra 60 tahun, pada bulan Februari 2017 di Jakarta Convention Centre. Acara formal berbalut konser ini dihadiri oleh ratusan orang, setidaknya outfitku hari itu formal dan etnik. Beberapa kali kesempatan Mas Ryan memotretku candid, agar lebih tampak alami menurutnya.  

Menghadiri Konser Inspirasi Astra
Menghadiri Konser Inspirasi Astra


7.    Lagi-lagi poto di Bintan meninggalkan kesan yang dalam untukku. Foto dengan  kain tenun khas Kalimantan pemberian salah seorang teman baikku di area Pool Angsana Resort ini cakep banget menurutku. Pool Angsana memang instagrammable loh, sangat bagus memang difoto dengan latar belakang resort yang bernuansa family resort ini. Poto ini diambil oleh Bang Jek pada saat kami melaksanakan media trip bulan April 2018 ke Cassia, Angsana dan Banyan Tree. Kesukaanku pada Pulau Bintan memang tak ada habis-habisnya jika diceritakan loh.

Sekeren ini loh Pool Angsana Resort
Sekeren ini loh Pool Angsana Resort

 
8.   Foto lawas ini dulu sering banget aku pajang dimana-mana. Foto di Oktober 2012, saat itu ada bertugas menjadi penerima tamu di event Reuni Akbar Peserta Dale Carnegie Training. Acara yang dihelat di Hotel Papandayan ini sangat sukses dan ramai didatangi. Tidak sia-sia rasanya satu tahu mempersiapkan kegiatan ini. Dipotret kece oleh Mo, fotografer nyentrik asal kota kembang selama bekerja di DCT Bandung. Foto zaman aku masih langsing dengan blazer hitam andalanku ini sukses disukai banyak orang ketika saat itu dipakai sebagai profil picture facebook. Belum jadi anak instagram di kala itu gaes.


Itulah 8 cerita dan foto yang bisa aku bagikan kepada pembaca, mungkin menjadi inspirasi untuk berkunjung ke daerah wisatanya, atau outfit yang digunakan.  


You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...