Belajar Daring Selama Masa Bekerja Dari Rumah Ternyata Menyenangkan Loh


Be Curious, not judgemental - Walt Whitman
Ternyata aku sudah melewati sebulan masa bekerja dari rumah. Jangan ditanya apa rasanya. Aku mau gila, dan stress loh dibuatnya. Lelah karena zoom meeting berjam-jam di depan notebook. Bekerja tanpa kenal waktu hingga malam, dan belum bisa berjumpa dengan teman-teman untuk sekadar curhat atau memesan segelas minuman kesukaan.



Namun ketika masa bekerja dari rumah ini, aku ingin waktu luangku juga produktif loh. Aku ingin otakku tetap bisa berpikir agar tidak tumpul, dan wawasan tetap bertambah. Ya salah satu caranya adalah mengikuti kegiatan belajar daring dari beberapa komunitas.



Berikut ini adalah kelas on line yang aku ikuti selama masa bekerja dari rumah:


1.    Kelas PMSM Millenial Minggu ke dua April

Komunitas HR yang belum setahun aku ikuti ini memiliki program-program kelas daring loh. Setelah beberapa kali mengikuti training off line mereka, masa bekerja dari rumah ini ternyata juga ada training dari. Senang sekali rasanya karena biasanya pembicara yang dihadirkan selalu berbobot dan bukan kaleng-kaleng.

Pada Rabu, 7 April yang lalu aku mengikuti kelas daring dengan Pembicara Pak Aloysius Budi Santoso, Director HR Astra Internasional. Kelas training daring dimulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Training malam itu diikuti hampir 100 peserta dengan tema yang diangkat yaitu How to Manage Your Business during Pandemic. Pak Aloysius menceritakan proses Astra menghadapi krisis karena pendemi Corona ini. Tidak semua karyawan di Astra bisa melaksanakan bekerja dari rumah.

Masih ada karyawan yang bekerja dari kantor, pabrik, dan site. Namun sebagai sebuah perusahaan nasional yang besar, tentu saja Astra memperhatikan kesehatan seluruh karyawannya dengan memberikan fasilitas masker, hand sanitizer dan asupan yang bergizi bagi karyawannya yang bekerja dari kantor. Pak Aloysius juga mengatakan krisis ekonomi akibat pendemi corona ini lebih parah dibandingkan ketika krisis moneter tahun 1998.

Aku menyimak dengan serius mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Department Human Resources ketika krisis ini. Kebijakan HR Dept biasanya bukan kebijakan populer, dan dalam masa kirisis ini HR adalah garda terdepan di sebuah perusahaan. Rasanya setelah mengikuti kelas daring ini banyak insight yang bisa diambil.



Belajar Daring bersama PMSM Millenial
Belajar Daring bersama PMSM Millenial

 2.    Kelas Daring Akber Makassar oleh Mba Ainun Chomsun

Akademi Berbagi atau Akber adalah salah satu komunitas dalam berbagi ilmu,wawasan, dan pengetahuan. Kali ini kelas daring Akber Makassar bersama Mba Ai via Live Instagram membahas mengenai personal branding.

Wah materinya sangat menarik nih. Menurut Mba Ai yang telah lebih dari satu dekade berkecimpung di dunia digital marketing, biasanya orang akan mengenal karakter kita maksimal hanya tiga. Jadi maksimalkan tiga potensi yang ada dalam diri kita.

Kelas AKBER dengan Mba Ai
Kelas AKBER dengan Mba Ai

Kita ingin dikenal sebagai siapa itu adalah berdasarkan apa yang ada dalam prbadi dan karakter kita. Bagaimana caranya? Kita bisa saja bikin polling kecil-kecilan kepada orang-orang di sekitar kita mengenai diri kita. Nah dari hasilnya nanti, kita jadi mengetahui bahwa orang-orang mengenal kita itu seperti apa. Boleh loh dicoba dan dipraktekkan.

3.    Kelas PMSM Millenial Minggu ke dua April

Rabu tanggal 14 April 2020 kemarin, PMSM Millenial kembali mengadakan kelas daring dengan pembicara Pak Nanang Chalid yang sehari-harinya berkarir sebagai VP People di Tokopedia. Tema kelas daring malam itu adalah “Using Creativity for Work Fun Wherever”, selama 2 jam PaK Nanang bercerita bagaimana merestrukturisasi HR Department di Tokopedia. Membuatnya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Memang ada perbedaannya bekerja di perusahaan konvensional dan start up company. Pak Nanang sebelumnya bekerja sebagai HR Director Unilever yang terkenal itu.

PMSM Millenial Belajar Daring
PMSM Millenial Belajar Daring

Dengan perubahan struktur organiasi di Tokopedia, Customer Service di sana juga belajar mengenai teknologi sehingga mereka yang melayani para customer di seluruh Indonesia yang teman-teman kenal sebagai Mba Admin.

Dua jam cukup menarik materi yang dibawakan, sayangnya aku terhalang karena ada telepon dari rekan kerja mengenai kordinasi pekerjaan di kantor.

4.    Webinar bersama Talenta.id

Aku sudah mendaftar acara Webinar bersama Talenta.id, untuk hari Kamis, 16 April 2020 pukul 14.00– 17.00 WIB. Tiba-tiba atasanku minta meeting via zoom dari Jam 15.00 dan berakhir jam 17.45 WIB. Yah aku hanya mengikuti satu jam saja sesi webinar tadi.

Webinar bersama Talenta.co
Webinar bersama Talenta.co

Walaupun hanya satu jam, namun cukup banyak yang aku dapatkan dari judul yang diangkat yaitu “Tactical Guide for HR & Employers in Managing Covid 19 Crisis”. Materi ini dibawa dengan apik dan ciamik oleh Tony Indrali [Project Lead of WHF Talenta, dan Bani Wicaksono [Head of HRGA Female Daily]

Hal yang bisa dirangkum dan bisa di  yaitu:
·             Dobel make sure cash flow company
·             Replan revenue and cut budget
·             Focus on monitoring business transaction
·             Determine strategic business
·             Making movement for medical guard with donation
·             Take advantage of your social media for positiv vibes

5.    Disiplin Positif ala Akber Makassar

Kemarin aku mengikuti kelas Akber Makassar dengan materi Disiplin Positif Tanpa Kekerasan dan Sogokan. Kegiatan kelas daring Akber Makassar kali ini via Zoom. Dibawakan oleh Kak Terry, seorang trainer dan mantan Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar.

Pelaksanaan dimulai dari pukul 14.30 – 16.30 WIB ini dihadiri oleh 30 orang dari berbagai daerah ada dari Jakarta seperti aku dan Kak Lia Marta. Ada Kak Afif dari Ambon, Kak Reda dari Pekanbaru dan lainnya.

Disiplin Positif Dengan Kak Therry
Disiplin Positif Dengan Kak Therry

Materi disiplin positif ini tidak hanya bisa digunakan untuk disiplin anak, namun juga untuk disiplin ehidupan sehari-hari. Sebagai rangkuman, ajak anak untuk melakukan berbagai hal positif atas dasar yang mulia, bukan atas hadiah atau reward yang akan diberi. Boleh saja memberi hadiah, namun ini didasarkan pada spesifik pada perilaku dan usaha anak untuk menerapkan kedisiplinan tersebut.

6.    Positive Vibe bersama Akber Makassar

Nah hari Minggu ini aku mengikuti kembali kelas dari dari Akber Makassar. Materinya dibawakan oleh Coach Ochy, seorang HR Expert dan Trainer asal Makassar dengan tema Positive Vibes Selama Masa Pandemi.

Kelas daring berlangsung dari jam 14.30 – 16.00 WIB ini banyak membahas tentang usaha-usaha agar kita terus berpikiran positif di masa krisis ini. Salah satunya dengan mengalihkan perhatian dari kecemasan dan kecenderungan berpikir negatif. Banyak hal yang kita lakukan untuk membuang pikiran negatif, menulis adalah salah satunya. Hal yang lainnya banyak misal dengan memiliki empati, bersyukur, dan menggalang donasi.


Kelas Akber Makassar
Kelas Akber Makassar

Peminat Kelas Akber Makassar hari ini banyak sekali loh, lebih dari 60 orang bergabung di zoom meeting. Kabarnya minggu depan akan diadakan lagi dengan tema yang lebih seru. Ah tidak sabar menunggunya.

Nah itu adalah lima dari kelas daring yang aku ikuti selama dua minggu terakhir. Yang penting selama masa bekerja dari rumah kita tetap produktif. Oiya jadwal kelas dari juga perlu dicatat, agar tidak terjadi tumpang tindih jadwal sehingga jadi lupa. Karena kemarin ternyata aku juga telah mendaftar kelas daring mengenai Human Resources, namun malah lupa loh karena jadwalnya bentrok. 

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...