Beragam Agenda Berfaedah Selama Ramadan 1441 H #dirumahaja



Ini untuk pertama kalinya ramadan seumur hidupku #dirumahaja dan tidak bepergian kemanapun. Walaupun Ramadan 1441 H akan segera berakhir, ternyata ada beberapa hal kegiatan bermanfaat dan berfaedah bagi diriku.

Ramadan #dirumahaja ini butuh hati yang luas dan keikhlasan untuk menerimanya, karena memang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan banyak kegiatan di luar sana. Jumlah penyintas Covid yang setiap hari lebih banyak, membuat kita meminimalisir ego yang ada di dalam diri kita sendiri.

Nah berikut 5 agenda berfaedah yang aku laksanakan selama menjalani bulan Ramadan 1441 H #dirumahaja

1.    Mengikuti kajian daring melalui sosial media

Berbagai jadwal ustad daring aku catat jadwalnya agar tidak ketinggalan mendapatkan siraman rohani selama bulan puasa ini. Ada agenda siang hari dan ada malam hari. Walaupun sekarang tidak bisa ke masjid untuk salat tarawih dan mengikuti kajian di masjid. Namun kita tidak perlu khawatir, berbagai platform social media dipakai oleh para pendakwah untuk tetap berbagi ilmu agama. Jadwal rutinku biasanya jam 9 – 10.30 Wib di pagi hari, dan pukul 20.00 – 21.00 Wib di malam hari.

2.    Menginisiasi kegiatan kajian daring di kantor

Kantorku sebelum masa work from home biasanya melaksanakan kegiatan kajian sebulan sekali di minggu ke empat. Nah di bulan Ramadan 1441 H kali ini, aku dan kepala skeolah berinisiatif melaksanakan kajian daring seminggu dua kali, dengan alasan bahwa kita sudah hampir dua bulan bekerja dari rumah dan butuh asupan rohani yang lebih berkualitas dari sisi waktu. Selain itu butuh belajar lebih banyak lagi ilmu agama selama bulan Ramadan 1441 H agar kita iklas menghadapi musibah pandemi Covid 19 ini. Pendakwah yang mengisi kajian ini juga beraneka ragam, ada Ust. Isa, Ust. Ahmad Shobirin, dan Kang Firman dari Bandung.

Kajian Daring Ramadan 1441 H
Kajian Daring Ramadan 1441 H


3.   
Mengikuti berbagai webinar

Selama Ramadan 1441 H ini, selain kegiatan keagamaan, aku juga menambah ilmu  dan wawasan melalui kegiatan webinar. Beragam tema dan topik aku ikuti selama waktunya cocok. Tema Human Resources, Public Relations, People Development, hingga materi mengenai kerelawanan aku ikuti loh. Banyak sekali hal yang aku dapatkan, dan mudah-mudahan bisa dengan konsisten diterapkan dalam kehdupan sehari-hari.

Webinar di bulan Ramadan 1441 H
Webinar di bulan Ramadan 1441 H


4.   
Silaturahmi daring

Telah lama tidak bertemu muka dengan banyak teman, sahabat dan kolega, membuat agenda silaturahmi daring ini marak selama Ramadan. Selain bersilaturahmi daring dengan rekan-rekan kerja yang telah lama tidak berjumpa. Teman-teman SMP yang berdomisili di Jabodetabekdung juga membuat silaturahmi daring ini untuk seru-seruan dan mengetahui kabar masing-masing. Silaturahmi dimulai dari sebelum berbuka puasa hingga setelah berbuka puasa. Aku tidak mengikuti di sesi pertama, namun mengikuti di sesi berikutnya. Ya begini rasanya bertatap muka, padahal biasanya kami akan bertemu di Jambi ketika lebaran tiba.

Silaturahmi daring dengan teman SMP
Silaturahmi daring dengan teman SMP


5.   
Memasak menu buka puasa

Dengan kondisi Ramadan yang berbeda dibandingkan sebelumnya, tahun ini aku tidak ada agenda buka puasa bersama. Sehingga aku memiliki waktu yang luang untuk memasak makanan sehat dan bergizi untuk menu buka. Ada beberapa resep masakan baru yang aku coba sebagai menu utama buka puasa, dan memasak menu sajian penutup yang bisa disantap setelah salat tarawih. Biasanya aku membuat kolak jagung, pisang goreng, dan puding coklat kesukaanku.


Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca, dan bisa berbagi cerita apa saja kegiatan berfaedah yang dilakukan selama Ramadan kali ini?


You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...