Sajian Menu Berbuka Puasa Yang Berbeda



Sudah hampir dua bulan #dirumahaja, banyak hal yang aku lakukan selama di rumah, salah satunya yaitu memasak. Di lini masa sosial mediaku banyak sekali teman-temanku yang memamerkan photo hasil masakannya selama di rumah? Jujur aku tidak percaya diri, photo makanan tidak lagi menjadi kegemaranku. Hahahaha. Tidak seperti zaman dahulu kala, yang aku tampilkan selalu photo makanan.

Temanku juga bertanya, bagaimana kondisi aku di rumah untuk makan? Aku bilang jika aku memasak agar tetap sehat dalam kondisi begini. Kemudian dia mempertanyakan kenapa aku tidak menampilkan hasil poto masakan di sosial media.  Aku menjawab dengan jujur jika aku tidak percaya diri. Oiya pada bulan puasa kali ini untuk pertama kalinya aku memasak menu masakan yang berbeda.




Dua menu makanan ini kesukaanku dan sering aku makan. Ayam woku, masakan khas Manado ini sebelum masa bekerja dari rumah sering aku pesan untuk makan siang bersama teman-teman di kantor melalui aplikasi daring. Rasanya yang gurih dan pedas tentu saja cocok di lidahku. Selain itu Malbi Ayam, makanan khas Palembang yang jadi kegemaranku sejak kecil. Makanan ini selalu dimasak ibuku jika aku pulang ke rumah. Nah sekarang selama masa #dirumahaja, aku masak dua menu makanan tersebut. Apa saja sih persiapannya? Simak ceritanya di sini ya

Ayam Woku

Butuh waktu dan niat yang kuat untuk memasak masakan yang berbeda dari yang aku  buat sebelumnya. Karena ragu apakah sukses atau tidak, rasanya enak atau tidak. Tapi ya udahlah dicoba saja, toh untuk makan siang dan makan malam sendiri ini. Jika gagal nanti dicoba lagi.
Nah bahan-bahan untuk membuat ayam woku ini cukup banyak loh karena rempah-rempahnya beraneka ragam. Jadi pembaca bisa siapkan:

-      250 gr ayam yang telah dicuci bersih dan lumuri jeruk nipis
-      Daun bawang, daun jeruk, daun salam, daun kemangi dan sereh
-      2 butir bawang putih, 5 butir bawang merah, dan 2 butir kemiri
-      Seruas kunyit, seruas jahe, 10 buah cabe keriting, 5 buah cabe rawit, dan satu buah tomat
-      1 sendok teh garam, 1 sendok teh kaldu jamur

Cara membuat ayam woku:
-    Haluskan bawang merah, bawang  putih, kemiri, jaehe, kunyit, cabe merah, dan cabe rawit
-      Kemudian bumbu halus ditumis hingga wangi
-      Masukkan daun jeruk, daun salam, dan sereh
-      Masukkan ayam, tambahkan air secukupnya
-      Masak hingga ayam menjadi empuk kurang lebih 15-20 menit
-      Masukkan daun bawang dan daun kemangi sebelum diangkat

Nah bumbunya udah meresap banget loh ketika sudah diangkat dari kompor karena telah dimasak selama 15-20 menit. Siapkan nasi hangat dan bisa nambah 2 pirin loh ini. Untuk masak perdana ayam woku ini aku kasih nilai diri sendiri 8/10 deh, karena rasanya yang pedas, gurih, dan berempah.


ayam woku khas manado
Photo Credit : www.indozone.com


Malbi Ayam kesukaanku

Malbi adalah jenis masakan khas Palembang yang rasanya perpaduan manis, gurih dan kaya akan rempah. Bahan yang bisa dimasak malbi adalah daging sapi dan ayam. Untuk lebih mudah, kali ini aku memasak Malbi ayam sebagai menu berbuka puasa. Cara memasaknya sebenarnya juga mudah loh. Hanya bahan-bahan rempahnya cukup banyak, sehingga aku harus ke supermarket untuk membeli segala rempah yang tidak kumiliki.


ayam malbi khas palembang
Photo Credit : www.fimela.com

Untuk bahan-bahannya, pembaca perlu menyiapkan
-     500 gr ayam yang telah dicuci bersih dan lumuri jeruk nipis
-  Gula merah ukuran kecil, 3 butir cengkeh, 3 butir kapulaga, 2 butir bunga lawang/pekak
-     1 ruas kayu manis, 300 ml air, 2 sdm kecap manis, ½ sdt kaldu bubuk, air dan garam secukupnya
-    Bumbu halus yang perlu disiapkan yaitu 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, ½ sdt jinten, ½ sdt lada bubuk, ½ sdt pala bubuk dan 1 ruas jahe

Cara membuat ayam woku:
-        Potong ayam dan sisihkan; haluskan bumbu dan sisihkan
-        Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cengkeh, kayu manis, kapulaga, pekak, dan ayam dan diaduk.
-        Masukkan gula merah, air putih. Masak hingga air menyusut
-        Terakhir beri kecap manis, aduk hingga air menyusut
-        Angkat dan beri taburan bawang goreng.

Jadi dua menu dari bahan ayam ini adalah menu berbeda untuk buka puasaku. Mungkin pembaca tertarik buat mencoba. Dengan senang hati menggunakan resep ini.


You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...