Aku Bukan Penggemar Youtuber, Tapi Para Youtuber Ini Menemaniku Pada Masa Bekerja Dari Rumah

 

“Merantaulah, kau akan mendapat pengganti kerabat dan teman. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang. -Imam Syafii-

Dalam masa bekerja dari rumah kemarin, rasanya banyak sekali kemudian orang-orang menjadi youtuber. Hal ini merupakan cara orang agar tetap merasa produktif di tengah keadaan yang tidak menentu, dan tidak ada kepastian kapan Virus Corona ini pergi dari bumi pertiwi. Menjadi content creator adalah salah satu dari banyak pilihan yang ada untuk tetap kreatif.

Nah sejak sebelum Ramadan, tiba-tiba saja aku menyukai konten youtube beberapa orang yang menurutku menginsipirasi. Hampir semuanya tinggal di luar negeri, dan menceritakan perjuangan mereka bertahan hidup di negeri rantau. Selain itu aku juga menyukai channel youtube beberapa orang blasteran yang memiliki keturunan Indonesia dan tinggal di luar negeri. Siapa saja sih mereka ini?


Simak ceritaku di bawah ini ya:

1.    Syarif Zapata yang menenangkan

Channel Syarif Zapata ini sering wara-wiri di home Youtube, namun aku belum pernah menonton channel ini sekalipun. Entah kenapa, tiba-tiba saat itu aku menonton video Syarif ini. Banyak sekali hal-hal yang bermanfaat dan menginsipirasi dari konten yang disajikan.

Youtoube Syarif Zapata
Syarif Zapata di Youtube

Syarif adalah youtuber Indonesia yang sejak usia 19 tahun merantau ke Jerman melalui program Aupair. Aupair adalah sebuah program kerja sama budaya antara Indonesia dan banyak negara-negara di Eropa. Nah isi youtube Syarif kebanyakan menceritakan  perjuangan orang-orang Indonesia di negeri rantau, serba-serbi menjadi Aupair, hingga capaiannya.  Syarif Zapata saat ini bekerja profesional di perusahaan IT di Basel [Swiss]

Selain itu, Syarif kerap menampilkan konten diskusi bersama teman-temannya yang merupakan anak blasteran. Sebut saja blasteran Indonesia-Jerman, Indonesia- Swiss, dan yang lainnya. Pokoknya jika pembaca nanti menonton youtube channel Syarif Zapata, pasti akan merasa bahwa channel ini bergizi dan berbobot. 

2.    Adrian Blaster yang charming

Nah ini nih anak blasteran Jerman-Indonesia yang juga merupakan temannya Syarif Zapata. Uda Adrian yang ibunya berasal dari Solok (Sumatra Barat) ini tentu saja punya wajah ganteng yang banyak dipuja pria #eehh dan wanita. Berlatar belakang pendidikan teknik, Adrian Blaster bekerja di sebuah perusahaan pembangkit tenaga listrik di Zurich [Swiss].

Isi channel youtubenya juga sangat keren seperti perjalanannya ke berbagai negara, petualangannya di berbagai tempat, opini-opininya terhadap banyak hal, hingga pengetahuan berbahasa Minang. Di beberapa kesempatan jika pulang ke Indonesia, Uda Adrian akan berkolaborasi dengan youtuber lokal asal Minang. Tentu saja video mengenai hal ini sangat seru, dan lucu untuk ditonton. Seorang pria bermuka bule, fasih berbahasa Minang dengan akses Minang yang kental. Tidak banyak loh yang seperti dia, termasuk aku. Hahahahaha.

Youtube Adrian Blaster
Channel Adrian Blaster

Hingga saat ini youtuber yang memiliki pengikut sebanyak 69.000 orang ini konsisten mengunggah video terbaru setiap hari Kamis sore waktu Indonesia. Nah setiap hari Kamis sore, biasanya aku siap dengan tontonan baru yang menyenangkan.

3.    Nadine Olivia yang cantik

Channel yang satu ini dimiliki oleh wanita cantik blasteran Indonesia-Swiss. Jika Adrian memiliki darah Indonesia dari Minang, sementara itu Nadine Olivia berasal dari Malang. Wanita anggun ini juga merupakan temannya Adrian Blaster dan Syarif Zapata.

Youtube Nadine Olivia
Channel Nadine Olivia

Walaupun isi videonya masih belum banyak, namun channel ini menarik saja untuk ditonton. Wanita berambut hitam yang memiliki hobby menyanyi ini sering menampilkan atraksi ASMR di videonya. Terakhir dia menggunggah video tentang make up yang cantik dan unik.

4.    Windi Martanto yang tangguh

Channel youtube ini juga berisikan informasi-informasi yang inspiratif menurutku. Perjuangan seorang Windi Martanto berawal dari keikutsertaannya menjalani program Aupair di Jerman, hingga kini telah bekerja secara profesional di negara tersebut.

Windi Martanto berkisah jika kedua orang tuanya awalnya tidak menyetujui dan tidak mengizinkan dia untuk merantau ke Jerman. Karena pada saat itu Windi telah bekerja dengan posisi dan penghasilan yang mapan di Indonesia.

Windi Martanto's Video
Windi Martanto di Youtube

Dalam youtube channel yang telah memiliki 24.000 pengikut, pria yang berasal dari Cikarang ini rajin berbagi pengalaman tentang Aupair yang pernah dijalaninya. Setelah selesai masa Aupair, Windi Martanto juga melaksanakan program kerja sosial, dan Ausbildung di bidang Teknik Industri. Berkat kegigihan dan pantang menyerahnya, ia bisa mendapatkan Ausbildung di jurusan yang sama dengan ketika menimba ilmu di Indonesia. Salut dengan perjuangan anak rantau satu ini.

5.    Rora April nan ayu

Sebagai alumni Sastra Jerman Unpad, Rora April memulai kehidupan rantaunya di Jerman juga melalui program Aupair. Dalam channel youtubenya, wanita yang baru saja menikah dengan pria Jerman ini membagikan kisah dan pengalamannya selama Aupair, kerja sosial, dan Ausbildung dalam bidang keperawatan.

Channel Rora April
Channel Rora April

Rora April bekerja di sebuah rumah sakit di salah satu kota kecil di Jerman. Wajahnya yang ayu khas Indonesia, selalu menarik untuk dilihat. Sesekali, video youtubenya mengunggah makanan-makanan khas Indonesia yang disukai sang kekasih seperti petai, dan jengkol. Dia merasa kaget ketika sang pacar sangat menyukai semur jengkol yang dibawanya dari sebuah acara mengenai Indonesia di Jerman.

Inilah lima channel favorit yang sering aku tonton di masa bekerja dari rumah. Semua channel ini membuatku memiliki keinginan untuk tinggal dan bekerja di luar negeri, khususnya Eropa. Walaupun tau, tidak mudah untuk bertahan di sana. Namun sejak menonton video-video mereka, keinginan tersebut terpatri di dalam hati. Semoga suatu hari nanti ada rezekinya ya.

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...