Mengadakan Kegiatan Sosial Di Masa Pandemi: Kelas Pendidik Kreatif 2.0

 

Sudah lama tidak berkegiatan sosial, terutama sejak pandemi menyergap Indonesia tiba-tiba di awal Maret 2020. Penundaan Kegiatan Hari Berbagi 13 Komunitas Bisa salah satunya, lainnya adalah kegiatan dua mingguan mengajar di YPAB Tanah Abang terhenti sama sekali. Padahal saat itu aku memiliki kesempatan untuk mengisi sesi.  Ya kita dilarang mengadakan kegiatan berkumpul ramai-ramai untuk memutus rantai penularan covid 19.

Diskusi Ringan hingga Pertemuan Rutin Daring

Bulan Juli 2020 lalu, Kak Jaka di grup panitia kecil ingin mengadakan diskusi ringan untuk persiapan Kelas Pendidik Kreatif 2.0. Grup kecil itu terdiri dari aku, Mba Pia, Kak Jaka, Kak Arief, Kak Zul dan Kak Lahud. Diskusi ringan ini saat itu masih sebatas obrolan-obrolan biasa, namun kita seriuskan di akhir Juli jelang awal Agustus 2020.

Divisi Konten KPK 2.0

Memasuki bulan Agustus kita merutinkan pertemuan sekali seminggu, dimulai dengan survey yang disebar ke guru-guru, penyusunan materi, hingga berbagi tugas membuat modul. Aku sempat keteteran dan absen dari pertemuan dikarenakan kondisi sibuk di kantor jelang kepindahanku ke Kalianda.

Komitmen untuk memulai dan berproses

Ternyata grup kecil kami adalah divisi konten yang bertugas dari sebelum hari H merancang materi, membuat materi, hingga berkordinasi dengan berbagai tim lainnya. Materi yang akan dibawakan oleh para narasumber adalah Gservices, Zoom, Ms. Power Point, dan berbagai pelengkap seperti Kahoot dan Quizzis.

Dengan pengetahuan yang kumiliki aku memilih Microsoft Power point yang akan aku buatkan silabus/rangka modulnya, draft, pre-test, dan post-tesnya. Oiya kegiatan Kelas Pendidik Kreatif 2.0 ini akan dilaksanakan di minggu ke empat September 2020. Persiapan singkat? Tentu saja, kami ngebut melaksanakan semua persiapannya.

Rencana Kegiatan

Empat materi KPK 2.0 dibawakan selama empat minggu yang berbeda. Dimulai dari 26 September, 3 Oktober, 10 Oktober dan 17 Oktober 2020. Program pertama dan kedua yaitu Gservice dan Zoom direncanakan kegiatannya luring. Yaitu para guru, dan narasumber berada di sekolah. Satu sekolah telah menyetujui jika kegiatan dilaksanakan di sana dengan protokol kesehatan yang ketat. Nah sementara sesi Ms. Power Point, Kahoot dan Quiziz akan dilaksanakan secara daring.

Pertemuan besar dengan seluruh divisi KPK 2.0 diadakan, selain Divisi Konten, KPK 2.0 terdiri dari Divisi Humas, Divisi Acara, Divisi Rekrutment, dan Divisi Media. Semua divisi memiliki detail pekerjaan dan selalu berkordinasi dengan divisi lainnya. Pertemuan rutin selalu menarik dan bisa panjang waktunya. Divis konten setiap pertemuan bisa berdurasi 2 – 3 jam.

Beberapa kesepakatan ketika pertemuan besar yaitu rekrutmen narasumber hanya berlangsung lima hari saja, tim humas akan segera mengontak guru-guru yang sudah pernah hadir di KPK 1.0. Divisi media akan membuat beberapa pengumuman di berbagai lini sosial media, dan bincang asik dengan beberapa pengurus GA Circle.

PSBB Sesi 2 di Jakarta dan Perubahan Rencana

Pada tanggal 14 September 2020 PSBB di Jakarta sesi kedua diberlakukan seiring dengan meningkatnya jumlah kasus corona. PSBB ini diberlakukan dari tanggal 14 September – 28 September 2020. Semua rencana yang telah disusunpun berubah, karena pelaksanaan luring sepertinya tidak bisa dilakukan. Walaupun Provinsi Banten tidak melaksanakan PSBB namun tetaplah kami harus melaksanakan juga protokol kesehatan. Panitiapun mengontak kembali narasumber yang telah resmi diterima dan menginformasi kesediaannya terkait pelaksanaan kegiatan ini.

Perubahan rencana ini juga menghasilkan tambahan sumber daya baru sebagai pendamping daring untuk para guru. Sedianya di awal, panitia akan hadir di sekolah mendampingi para guru selama kegiatan, namun dengan kondisi sekarang hal ini tidak mungkin untuk dilakukan. Ada beberapa orang yang terlibat sebagai tim pendamping guru daring yang nanti akan bertugas untuk membantu guru mengakses link ketika kegiatan, mengingatkan materi dan membantu banyak hal lainnya.

Pelaksanaan Hari H

Setelah melaksanakan briefing narasumber relawan, memastikan jumlah guru yang akan hadir, hingga marathon pertemuan selama tiga hari berturut-turut baik tim besar maupun tim kecil, tiba juga hari pelaksanaan. Aku sempet nervous dan berdoa semoga kegiatan daring Kelas Pendidik Kreatif 2.0 ini berjalan lancar. Jikapun ada hambatan-hambatan teknis berharap itu hanya minor belaka.

Pembukaan dengan Indonesia Raya

Pukul 08.00 Wib udah berada di depan laptop, dan siap brifing pagi. Sebagian panitia sudah hadir, dan kami mencoba berkali-kali share screen lagu Indonesia Raya sebagai pembuka. Kordinasiku dengan guru sebagai pendamping daring cukup baik, aku menyarankan agar mereka jangan sungkan bertanya jika ada yang tidak dipahami atau tidak dimengerti.

Empat kelas pararel berjalan serentak dengan empat orang nara sumber yaitu Kak Nanda, Kak Mila, Kak Sendi dan Kak Al Amin yang membawakan materi Gservices. Gservices terbagi menjadi cara membuat gmail, cara membuat spreadsheet, dan lainnya. Kelas dimulai pukul 09.30 Wib, dan berakhir pukul 11.30, namun ada juga kelas yang selesai pukul 12.00 WIB.

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik, walaupun terdapat beberapa evaluasi terutama mengenai hal teknis. Jadi siapa bilang kamu tidak bisa mengadakan kegiatan sosial di masa pandemi ini? Bisa banget loh, asal ada usaha yang keras, dan komitmen yang kuat dalam diri sehingga menularkan semangat positif ke sesama tim.

 

Guru-guru peserta KPK

 

 

 

 

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...