Sungguh Merindukan Kunjungan ke Singapura: Alasan Harus Mengunjungi Negeri Singa


Sudah lama sekali aku tidak berkunjung ke negara singa ini. Rasanya sudah lebih dari empat tahun. Kok bisa ya, padahal dahulu aku rajin sekali ke Singapura. Apalagi ketika bekerja di Provinsi Kepulauan Riau, setahun entah beberapa kali aku mengunjungi Singapura. Baik untuk urusan pekerjaan, atau jalan-jalan saja menghabiskan akhir pekan.



Negara tetangga yang bisa diseberangi dalam waktu 45 menit dari Pelabuhan Batam Centre ini memiliki magnet yang kuat untuk di datangi. Nah inilah berbagai alasan kenapa aku suka banget berkunjung ke negara bekas jajahan Inggris ini.

1.    Bersih dan rapi

Singapura terkenal dengan kebersihan dan kerapian di berbagai sudut jalan. Hampir tidak pernah ditemukan onggokan sampah, atau bungkusan plastik di jalan-jalan yang  kita lalui. Tata letak kota ini sangat ciamik, dan apik, memperhatikan banyak detail untuk berbagai fungsi pengairan, fasilitas umum, ataupun tujuan wisata.

2.    Ramah Pedestrian

Di Singapura sehari-hari kita akan rela jalan kaki, melintasi ratusan meter jalan menuju Stasiun MRT, atau jalan-jalan sore di taman. Singapura sangat ramah akan pejalan kaki, selalu ada trotoar luas dan nyaman di negeri yang memiliki luas 721,5km2 ini. Jalan kaki di Singapura tidak hanya nyaman, namun juga aman. Penting untuk wanita dan para solo tarveler lainnya, aku pernah jalan kaki dari Stasiun MRT menuju penginapan jam 23.00 waktu Singapura. Tidak ada kecemasan yang kurasa seperti jalan kaki malam-malam di Jakarta. Takut begal lah, rampok lah, atau penjahat lainnya.

Area pedestrian di Singapura

3.    Makanan lokal nan lezat

Seporsi chicken rice dan teh tarik hangat adalah makanan kesukaanku jika berkunjung ke Singapura. Makanan ini mudah ditemukan dimana-mana, dengan harga kisaran SGD 3,5 – 5 saja rasanya perutku udah penuh, dan melepas dahaga. Di Bagus Food Court area Harbourt Front, atau di Kantin Karyawan dekat terminal bis Harbour Front adalah tempat kesukaanku untuk makan sepiring chicken rice yang menggoda.

4.    Surga Jajan Coklat

Jika kalian penggemar coklat, Singapura adalah salah satu tempat yang harus didatangi. Spesifiknya adalah Mustafa Shopping Center yang menyediakan aneka coklat dari yang harga murah hingga harga premium. Sebut saja Toblerone, Hershey’s, M &M, dan yang lainnya. Tak jarang toko-toko di Singapura memberikan diskon besar untuk sebungkus coklat. Harganya tetap saja lebih murah dibandingkan kita membeli di Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia lainnya.

 

Coklat Kesukaan

5.    No macet-macet club

Singapura, si negara mini nan rapi ini jarang sekali macet loh. Kalopun macet hanya di area tertentu dan di jam tertentu saja. Singapura memiliki sistem transportasi umum yang baik seperti Bis,dan MRT. Taksipun di jam-jam tertentu harganya sangat mahal, sehingga banyak orang memilih transportasi umum sebagai sarana mobilisasi. Jauh sebelum Jakarta punya MRT, Singapura sudah punya loh. Yang dirindukan tentu saja naik MRT dan berhenti di stasiun-stasiun tujuan. Aku pernah mengelilingi MRT dari Stasiun Raffless hingga Stasiun Woodlands loh. Jarak tempuhnya kurang lebih 90 menit.

6.    Selalu saja ada yang baru di sana

Setiap tahun di Singapura selalu saja ada yang baru, dulu aku mendatangi Madame Tussaud Singapura sebulan saja setelah museum patung lilin itu hadir di sana. Aku masih kurang update rasanya karena belum mengunjungi Jewel, air terjun keren di sekitar Bandara Changi. Baru-baru ini di saat Singapura masih lockdown terhadap banyak negara-negara luar, mereka punya tempat menarik lagi yang keren sekali. Sebuah tempat perbelanjaan khusus merek Apple tersaji keren di area Marina Bay Sands.

 

Bersama Founder RI di Madam Tussaud Singapura

7.    Jarak yang dekat dari negeri kita

Aku biasanya masuk ke Singapura dari Bandung [ketika masa bekerja di Bandung], Batam [ketika tinggal di Batam], dan Tanjung Balai Karimun [ketika masa bekerja di sana], justru aku belum pernah datang ke Singapura dari Jakarta. Jarak yang cukup dekat dan singkat ini menjadi salah satu faktor kenapa orang-orang Indonesia senang sekali mengunjungi negeri seberang. Dari Pelabuhan Batam Centre kapal ferry pertama akan melayani penumpang pukul 06.00 WIB, dan kapal ferry terakhir dari Singapura berangkat pada pukul 22.00. Jadi kunjungan ke Singapura dari Batam sangat fleksibel dengan pilihan menginap atau tidak.

Majestic Ferry melayani Batam - Singapura setiap hari



You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...