Selamat Hari Blogger Nasional 2020

"If you don't have time to read, you don't have the time (or the tools) to write. Simple as that." 

-- Stephen King

Tanggal 27 Oktober 2020 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional loh. Pertama kalinya Hari Blogger Nasional dicanangkan pada tahun 2007 oleh Bapak Muhammad Nuh sebagai Menteri Komunikadi dan Informatika. Artinya pada tahun 2020 ini telah 13 tahun Hari Blogger Nasional diperingati.

Ah ngomong-ngmong soal blogger, sudah 2,5 tahun aku punya blog dengan nama tasteandjourney.com. Asal mulanya juga udah aku ceritakan di blogku sendiri ya. Namun sekarang aku mau cerita tentang manfaat punya blog sejak April 2018 hingga sekarang ini.


Niche Blog

Niche blog adalah tema khusus yang akan ditulis dalam blog kita. Ada beraneka ragam niche blog yang bisa dipilih seperti teknologi, keuangan, traveling, gaya hidup, makanan, kecantikan dan lainnya. Niche blog yang aku pilih adalah makanan, dan traveling sesuai dengan passion dan hobbyku.

Aku konsisten akan tulisan-tulisan yang aku buat agar tetap di jalur makanan dan traveling. Walaupun blogku belum dimonetize, aku memang menulis untuk hobbyku saja, dan media promosi berbagai pihak yang selama ini bekerja sama denganku.

I am a moody blogger. Ya aku orangnya moody banget untuk nulis. Jika ada ide berseliweran di kepala, biasa langsung menulis. Jika tidak ada ide dan mentok, sebulan hanya nulis satu atau dua tulisan saja.

Banyak hal baru yang dialami

Jauh sebelum membuat blog [lagi], aku sering diajak oleh rekanku Mas Ryan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan liputan yang biasanya dihadiri para blogger. Nah sejak membuat blog ini, semakin banyak saja liputan yang aku datangi, media yang aku temui, rekan-rekan baru yang aku kenal, bahkan tempat-tempat baru yang bisa dijelajah.

Selain menulis untuk blog sendiri, aku juga menulis untuk Traveletc.id, media on line yang dimiliki oleh temanku Mas Yudasmoro. Mas Yudas kerap memintaku untuk hadir diliputan berbagai event jika dia juga ada liputan di waktu yang bersamaan. Seperti saat itu aku hadir untuk soft opening Ibis Styles Jatibening, acara di Kedutaan Besar Malaysia, Afternoon Tea di Raffles Hotel, atau Liputan Event Teh Pucuk di Ballroom UOB. Yang menyenangkan adalah liputan-liputan yang ditugaskan juga sesuai dengan niche blogku.

Media Trip di awal pandemi

Oiya minggu kedua setelah presiden mengumumkan kasus pertama corona terjadi di Indonesia, aku masih sempat pergi ke Pulau Bintan untuk Media Trip loh. Seperti biasa, Nirwana GardensResort di Lagoi menginginkan promosi saat itu. Kondisi resort yang sangat sepi membuat resort ini tampak seperti resort pribadi saja.

Kunjungan ke Bintan adalah liputan langsung terakhirku loh, karena setelah itu semua liputan diadakan secara daring. Padahal di agendaku ada liputan Pengumuman Pemenang Photo Astra di pertengahan Maret tersebut.

Mengikuti kelas-kelas blog secara daring

Selama pandemi ini banyak sekali komunitas yang mengadakan kelas daring untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang blog. Berbagai media digunakan untuk berbagi ilmu, seperti Zoom Meeting, Google Meeting, dan WA Grup.

Aku juga mengikuti beberapa kelas dariini seperti dari Komunitas Blogger Ruang Tunggu yang membahas tentang SEO. Selain itu dalam rangka hari blogger nasional juga aku mengikuti kelas daring dari Komunitas ISB dengan pemateri Ndorokakung. Wah sangat menyenangkan mendapatkan wawasan mengenai blog, konsistensi menulis, dan membangun personal brand.

Ya itulah cerita dan pengalamanku punya blog selama 2,5 tahun ini. Doakan agar istiqomah untuk terus menulis beragam ide, gagasan, perjalanan, dan apapun yang telah kulewati ya.

 

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...