Dear Taman Nasional Komodo Riwayatmu Kini!


Bulan Oktober lalu viral sebuah foto seekor komodo menghadang sebuah truk di kawasan Pulau Rinca. Foto itu tampil di beragam sosial media seperti instagram, twitter, maupun facebook. Ya pemerintah berniat membangun “Jurrasic Park” di area Pulau Rinca sehingga nantinya Taman Nasional Komodo akan dijadikan tempat wisata premium? Wow sekaliiii!



Foto yang viral di berbagai lini sosial media
Foto yang viral di berbagai lini sosial media

Tidak hanya pulau seluas 198 km2 itu saja yang sedang diacak-acak pemerintah, melalui sebuah perusahaan, pemerintah juga berniat merenovasi Pulau Padar. Kini di pulau yang sangat instagramable tersebut berdiri sebuah helipad. Tak jarang helikopter mendarat di Pulau Rinca membawa sejumlah orang yang tidak diketahui apa yang dilakukan penumpang helikopter di sana.

Archieve Instagram

Kebetulan sekali archieve instagramku 5 tahun lalu adalah dokumentasi ketika #getlostkekomodo. Berhari-hari archieve akun @fitriyenti didominasi foto-foto ciamik, apik, dan cantik Taman Nasional Komodo yang aku datangi bersama Get Lost Family. Karena ini pula aku dan Mas Yudas membahas kondisi Taman Nasional Komodo saat ini.

Jika nanti sebagai tempat wisata premium, siapakah yang diuntungkan? Belum tentu warga masyarakat diuntungkan nanti, sekarang saja mereka sudah sering melakukan tindakan protes terkait tanah adat, terganggunya kenyamanan komodo, atau alam yang rusak. Aku tidak yakin warga setempat akan mendapatkan segepok uang dikarenakan predikat “wisata premium” ini.

Get Lost ke Komodo

Jika wisata premium ini jadi dicanangkan oleh pemerintah, rasanya aku adalah warga negara yang bersyukur telah mendatangi Taman Nasional Komodo 5 tahun silam. Walapun masa itu aku beranggapan biayanya sangat mahal, namun aku sama sekali tidak merasa rugi datang ke salah satu tempat terindah di Indonesia ini. Selama di sana kami live on board selama 3 hari 2 malam, dan menginap di hotel berbintang selama satu malam.

Walaupun pulangnya terjadi insiden karena maskapai membatalkan kepulangan sepihak. Kami terpaksa menginap semalam lagi di hotel yang ditanggung oleh maskapai tersebut. Alhamdulilah hotel berbintang tempat kami menginap memiliki fasilitas yang baik sehingga bisa mengurangi rasa bete setelah 4 jam lebih  menunggu dalam kondisi ketidakpastian di bandara.

Foto-foto Selama Trip

Berikut di bawah ini foto-foto yang didokumentasikan oleh tim Majalah Getlost selama 5 hari 4 malam. It was memorable trip ever!

 

Get Lost Family tiba di Pulau Rinca
Get Lost Family tiba di Pulau Rinca, tempat berdiamnya komodo


Menapaki tiga per empat Pulau Padar
Menapaki tiga per empat Pulau Padar

 

Live on board di kapal phinisi
Live on board di kapal phinisi


Berpose di depan Goa Labuan Cermin
Berpose di depan Goa Labuan Cermin

Di Pulau Papagarang setelah menanam bakau
Di Pulau Papagarang setelah menanam bakau

Semoga Taman Nasional Komodo tetap membumi di masa akan datang. Jangan sampai komodo menggali kuburannya sendiri.

 

 

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...