Santai Seru di Kota Gudeg Bersama Sahabat #throwback


“Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu. Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna” –Yogyakarta, Kla Project

Yogyakarta! Ya selalu saja ada momen manis, indah, dan seru bersama sahabat di kota yang punya julukan kota gudeg ini. Beberapa kali aku mengunjungi kota ini dengan sahabat-sahabat tersayang dan tidak pernah ada kata bosan.



Ada banyak tempat yang bisa didatangi selama kunjungan ke provinsi daerah istimewa ini. Kemana saja sih kami biasanya berkunjung? Simak cerita di bawah ini ya!

1.    Menginap di Bhumi Hostel

Tahun 2016 Bhumi Hostel baru saja dibuka sebagai tempat penginapan. Letaknya di Kota Gede dan di dalam komplek perumahan. Mengusung konsep hostel yang ramah pada lingkungan, tempat ini super duper nyaman. Tersedia beberapa type kamar baik private maupun dormitory. Karena kami datang berenam, maka kami memilih kamar type ukuran dormitory yang cukup luas. Ada 3 tempat tidur bertingkat atas bawah, dan 1 kamar mandi di dalam kamar. Bhumi Hostel juga memiliki kamar mandi di luar kamar dan berbagai dengan tamu lain.

Bhumi Hostel
Bhumi Hostel yang menyenangkan

Sarapan di hostel ini juga tak kalah nikmat, seporsi nasi kuning hangat, dengan taburan tempe orek, telur dadar, dan irisan timun ditemani segelas teh manis hangat. Sempurna rasanya sarapan kami sebelum berkunjung ke beberapa tempat tujuan wisata yang telah di rencanakan.

2.    Berpanas-panas ria di Pantai Pok Tunggal

Perjalanan menuju pantai ini tidak mudah, tidak ada jalan yang lurus-lurus saja menuju tempat yang indah. Setelah jalan berbelok-belok di antara karang-karang, kami sampai juga ke pantai yang terkenal dengan pasir putih dan satu pohon yang berada di tengah-tengah pasir ini. Selain itu tebing-tebing di sekitar pantai juga sangat menarik perhatian kami di siang itu.

Pantai Pok Tunggal
Di Pantai Pok Tunggal

Cuaca panas dan terik jam 2 siang tidak menyurutkan langkah kami keluar dari mobil dan segera bertemu dengan air laut. Bermain ombak, dan pasir putih adalah salah satu kegiatan kesukaanku jika datang ke pantai. Tak lupa pula kami berpoto dengan berbagai pose untuk kenang-kenangan perjalanan ini. Pantai Pok Tunggal ini masih satu jalur loh dengan Pantai Indrayanti yang juga menjadi tujuan favorit para turis.

3.    Embung Nglanggeran yang syahdu

Telaga buatan ini dikelilingi oleh gunung yang konon adalah Gunung Api Purba Nglanggeran dimasanya. Kehadiran Embung Nglanggeran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ketika kami datang ke sini cuaca sedang gerimis, sehingga kabut dan sejuknya udara sangat terasa di tubuh.

Embung Nglanggeran yang syahdu
Embung Nglanggeran yang syahdu

Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubowono X pada tahun 2013, tempat ini cocok untuk jalan santai di sore hari sembari menunggu mentari kembali ke peraduannya. Jaraknya hanya satu jam saja berkendara dari Kota Yogyakarta. Jadi para pembaca bisa menghabiskan akhir pekan di sini loh.

4.    Parsley Bakery & Resto Seturan untuk makan malam yang lezat

Setelah siang hari makan gudeg, dimalam hari kami memilih salah satu resto di daerah Seturan yaitu Parsley Bakery dan Resto. Resto yang memiliki design interior menarik ini sangat cocok untuk suasana makan malam bersama teman-teman. Aku memilih iga bakar, dan segelas coklat panas. Teman-temanku ada yang memilih salad, steak, pasta dan makanan lainnya. Rekomendasi dari salah seorang teman ini tidak salah, karena harganya yang terjangkau dan rasa makanan yang enak. Wah makan enak seperti ini di Jakarta pasti sudah bikin dompet tipis nih. Setiap pojok dari Parsley Bakery & Resto cocok sekali sebagai lokasi berpoto loh. Bisa banget untuk isi feed instagram para pembaca.

Parsley Bakery & Cake Shop
Parsley Bakery & Cake Shop


5.   
Pantai Baron, Kukup, Krakal yang penuh kenangan

Barisan pantai-pantai di Gunung Kidul ini selalu masuk ke agenda jika ada kunjungan wisata ke Yogyakarta. Pantai Baron, Krakal dan Kukup itu hukumnya wajib. Ya ini dikarenakan sejak tahun 2002 aku sudah berkunjung ke pantai ini. Dari yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, hingga menjadi tempat wisata populer seperti sekarang.

Pantai Krakal nan cerah di siang hari
Pantai Krakal nan cerah di siang hari


Fasilitas dan akses jalan menuju tiga pantai keren ini sudah semakin baik loh. Hanya sekarang berbagai jenis kendaraan harus parkir di tempatnya, sehingga kita butuh waktu untuk berjalan sejauh 200 meter mencapai area pantai.

Semoga masa pandemi ini segera berlalu agar aku bisa berkunjung lagi ke Yogyakarta dengan aman, damai, dan pastinya sehat.

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...