Mencicipi Makanan Khas Pesisir Lampung di Cikwo Resto & Coffee


“Nanti kita jumpa di Cikwo Resto sekalian temen-temen bisa sarapan dan istirahat sebentar” ujar Kak Indra mengabari setelah kami keluar dari kapal.

“Oke, cek peta menuju ke sana” sahut Om Zulman

Hari menunjukkan pukul 07.15 Wib ketika kami keluar dari kapal di Pelabuhan Bakauheni, ya kami akan sarapan dan istirahat di RM Cikwo – Kota Bandar Lampung. Jika dilihat dari peta aplikasi google, dibutuhkan 90 menit waktu tempuh menuju ibu kota provinsi. Om Zul memacu kendaraan menuju jalan tol pembuka di Pulau Sumatra ini dengan kecepatan 100 – 110 km/jam. 


Setelah tiba di Cikwo kami disambut kehebohan Kak Indra, dan mempersilahkan kami masuk. Serasa Kak Indra yang punya resto ya. :p Tempat ini begitu homey ketika pintu terbuka, susunan meja, kursi, dan sofa empuk menyambut kedatangan kami. Di meja telah terhidang 2 bakul nasi panas, beberapa porsi Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam, pindang ikan blue marlin, beberapa piring lalapan dan sambal terasi. Wow makanan berat untuk sarapan inih. Namun tak mengapa, setelah ini kami kan akan menempuh perjalanan menuju Palembang. Masih jauhh lohh!

Khas Pesisir Lampung Terhidang di Meja

Semua makanan yang aku sebutkan di atas adalah makanan khas daerah pesisir Lampung loh. Sang pemilik telah membuka RM Cikwo juga di kota asalnya, dan merambah ke ibu kota provinsi. Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam berbahan dasar ikan nila asap yang empuk, santan, dan bumbu rempah khas sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang lezat di indera pengecapmu. Aku memang menyukai aneka ikan yang diasap begini, proses pengasapan memakan waktu yang lama.

Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam
Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam


Selain Gulai Taboh Iwa Tapa ini, menu lain yang menjadi andalan adalah pindang ikan blue marlin. Ikan blue marlin sangat mudah ditemui di daerah Kab. Pesisir Barat. Protein hewan yang kaya akan gizi ini semakin mantap dibuat jika dibuat pindang. Daging ikan yang lembut, berpadu dengan bumbu pindang yang pedas, asam, dan segarnya daun kemangi. Wahh bisa nambah nasi loh ini.

Aneka Cemilan dan Kopi Khas Lampung

Selain makanan berat, Cik Wo Resto dan Coffee ini juga menyediakan cemilan dan kopi. Jadi jika pembaca ingin nongkrong sore sambil ngemil dan ngopi bisa banget. Ada cireng rujak, singkong goreng keju dan original, pisang goreng keju, pisang bakar, bakso ikan marlin dan lainnya.

Kopinya juga tak kalah enak, apalagi menggunakan kopi khas Lampung yang sudah terkenal kualitasnya. Pengunjung bisa memesan jenis kopi Americano, cappucino, caramel latte, Vietnam Dip, caffe latte dan yang lainnya. Selain kopi juga tersedia aneka jus buah segar yang bisa membuat harimu menjadi sehat.

Kunjungan ke Cikwo Resto  & Coffee adalah kunjungan ke sekian kalinya selama tinggal di sini. Menu wajib jika aku berkunjung adalah Gulai Taboh Iwa Tapa Semalam, nasi hangat, dan sambal. Untuk minum dan dessert aku memilih caramel latte, cireng rujak, dan singkong goreng keju. Makanan di sini semuanya enak, lezat, dan harganya bersahabat loh. Percaya deh!

Fasilitas Lengkap dan interior instagramable

Cikwo Resto  & Coffee terletak di Jl. Ki Maja – Way Halim, tidak jauh dari fly over, dari luar bangunan ini tampat kecil, namun jika kita masuk bangunan ini memanjang dan luas di belakang. RM Cikwo terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Area indoor selain menawarkan sofa empuk, interior instagramable tersaji juga loh. Dinding-dinding dihiasi dengan mural yang cantik di setiap sisi, selain itu terdapat spot untuk membaca buku di samping area coffee shop.

Mural cantik menghiasi dinding

Area outdoor terletak di belakang lengkap dengan panggung yang biasa digunakan untuk acara seni. Ya setiap akhir pekan di sini berkumpul aneka komunitas di Kota Bandar Lampung untuk beraktivitas dan berkreasi. Area outdoor juga dilengkapi dengan musala dan kamar mandi yang bersih.

Jadi tunggu apalagi, arahkan setirmu ke Cikwo Resto  & Coffee untuk makan lezat, bergizi dan berempah di siang hari ini ya.


You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah sebelum komentar itu ditarif...